Elektabilitas Naik, Gerindra Diuntungkan dengan Iwan Bule sebagai Caleg di Jabar

by -83 Views
Elektabilitas Naik, Gerindra Diuntungkan dengan Iwan Bule sebagai Caleg di Jabar

Gerindra Diuntungkan dengan Iwan Bule sebagai Caleg di Jabar

Ciamis – Lembaga Konsultan dan Penelitian Tenggara Strategics merilis riset terbarunya terkait elektabilitas partai, calon legislator DPR RI, dan pasangan calon presiden dan wakil presiden. Salah satu temuan survei Tenggara Institute adalah peta persaingan calon legislator DPR RI di daerah pemilihan Jawa Barat atau dapil Jabar X.

Direktur Eksekutif Tenggara Strategics, Riyadi Suparno, menjelaskan bahwa Jabar X mencakup Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Banjar. Dia menyebutkan bahwa Jabar X dijadikan area survei karena wilayah tersebut merupakan bagian dari Jawa Barat yang merupakan provinsi dengan pemilih terbanyak dalam Pemilu 2024. Selain itu, daftar pemilih di Jabar X tercatat sebanyak 2,34 juta orang, dengan 7 kursi DPR RI yang diperebutkan.

Menurut hasil survei, terdapat 16 persen masyarakat yang belum memberikan jawaban yang membuat persaingan calon legislator di Jabar X masih terbuka bagi para kontestan dalam Pemilu 2024.

Riyadi menyebutkan bahwa untuk Pemilu Legislatif (Pileg), partai politik petahana masih mendominasi perolehan suara di dapil Jabar X. Namun, PDIP yang merupakan partai pemenang dalam Pemilu 2019 harus digeser posisinya oleh Gerindra seiring dengan tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran.

Berdasarkan data Tenggara Strategics, Gerindra diprediksi menjadi pemenang Pileg di Jabar X dengan perolehan 17 persen, diikuti oleh PDIP dengan 13,4 persen, dan PKS dengan 12,8 persen. Selanjutnya, Golkar (9 persen), PAN (7 persen), PKB (7 persen), Partai Nasdem (4 persen), dan Partai Demokrat (4 persen).

Lebih lanjut, Riyadi menambahkan bahwa kehadiran Iwan Bule juga diprediksi akan melengkapi daftar calon legislator DPR RI asal Jabar X. Iwan Bule diperkirakan akan kembali dikuasai oleh anggota legislatif petahana seperti Surahman Hidayat (PKS), M. Nurdin (PDIP), dan Agun Gunanjar Sudarsa (Partai Golkar) dengan elektabilitas di kisaran 11-12 persen.

Survei juga menemukan bahwa Iwan Bule mendominasi Kabupaten Ciamis dan Kuningan dengan elektabilitas 80 persen dari jumlah pemilih di Jabar X. Di Ciamis, Iwan Bule memiliki elektabilitas 19 persen, diikuti oleh Surahman 13 persen, M. Nurdin 11 persen, Agun Gunanjar Sudarsa 9 persen, dan Didi Irawadi Syamsuddin 6 persen.

Sementara di Kuningan, Iwan Bule juga mendominasi dengan elektabilitas 18 persen, diikuti oleh Surahman 12 persen, M. Nurdin 8 persen, Agun Gunanjar 6 persen, dan Didi Irawadi Syamsuddin 3 persen.

Dari survei, terungkap bahwa 22 persen warga pemilih Jabar X masih belum menentukan pilihan caleg mana yang akan dipilih pada hari pencoblosan 14 Februari 2024.

Survei Tenggara Strategics dilakukan dari tanggal 22 sampai 26 Januari 2024 dengan melibatkan 816 responden. Metode survei menggunakan tatap muka dengan margin of error sebesar 3,5 persen.

Artikel ini dapat diakses melalui link berikut: https://www.viva.co.id/berita/politik/1685528-elektabilitas-naik-gerindra-diuntungkan-dengan-iwan-bule-sebagai-caleg-di-jabar?page=3
Oleh : Hardani Triyoga

Source link