Infrastruktur yang Dibangun Jokowi Terasa Dampaknya Baru 5 Tahun Kemudian

by -46 Views
Infrastruktur yang Dibangun Jokowi Terasa Dampaknya Baru 5 Tahun Kemudian

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan investasi jangka panjang. Dampak dari pembangunan infrastruktur diperkirakan akan terasa dalam 5 hingga 7 tahun mendatang.

“Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Kemenko Perekonomian Suroto mengatakan, estimasi tersebut didasarkan pada hasil Studi Dampak Model Makro-Ekonomi atas Proyek Strategis Nasional. Studi ini dilakukan oleh Kemitraan Indonesia-Australia Infrastruktur (KIAT) bersama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).”

Kajian tersebut menyimpulkan bahwa investasi untuk pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) di berbagai sektor memiliki dampak multiplier terhadap pengembangan wilayah, khususnya pada output perekonomian daerah, nilai tambah industri, pendapatan tenaga kerja, dan penciptaan kesempatan kerja.

Dampak positif terhadap ekonomi itu diperkirakan akan terjadi dalam waktu 5 sampai 7 tahun lagi. Selain itu, kajian juga menyimpulkan bahwa pembangunan PSN yang tersebar di wilayah Indonesia sebagai upaya peningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur secara tidak langsung dapat mengurangi kesenjangan pertumbuhan pendapatan per kapita dan kesejahteraan antar daerah secara jangka panjang.

Presiden Jokowi dikenal dengan pembangunan infrastruktur. Data Kemenko Perekonomian menyebutkan bahwa sejak 2016-2023, pemerintah Jokowi sudah membangun 190 infrastruktur melalui program PSN. Ratusan PSN tersebut terdiri dari berbagai sektor seperti jalan tol, bendungan hingga pelabuhan. Angka seluruh infrastruktur itu diperkirakan mencapai Rp 1.15 triliun.