Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo: Siapa yang Lebih Unggul?

by -115 Views

Lembaga Surya Center Indonesia atau ISC telah merilis hasil survei terbaru mengenai elektabilitas calon presiden dan wakil presiden pada 2024. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul atas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dalam survei tersebut.

Peneliti senior ISC, Chairul Pane, menjelaskan bahwa kriteria responden survei adalah orang yang berusia 17 tahun ke atas, memiliki KTP, dan sudah menikah. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 1.670 responden. Sampel survei diperoleh dari 34 provinsi. Margin of error dari survei ini sebesar +/-2,4% dengan tingkat kepercayaan 95%. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 11-19 Januari 2024, setelah debat ketiga Pilpres 2024.

Teknik pencuplikan sampling yang digunakan adalah random digit dialing atau pembangkitan nomor telepon seluler secara acak. Pengumpulan data survei dilakukan melalui wawancara telepon. Hasil survei menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran memperoleh dukungan sebesar 52%, Anies-Cak Imin sebesar 21,7%, Ganjar-Mahfud Md sebesar 18,1%, dan 8,2% tidak menentukan atau tidak menjawab.

Chairul Pane juga menjelaskan bahwa pasangan Anies-Cak Imin berhasil menyalip pasangan Ganjar-Mahfud Md dengan perolehan 21,7%. Menurutnya, hasil survei menunjukkan bahwa Pilpres 2024 berpotensi untuk berjalan dalam satu putaran berdasarkan dukungan 52% yang diperoleh oleh pasangan Prabowo-Gibran.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan berikut: [Klik di sini](https://news.detik.com/pemilu/d-7154478/survei-isc-prabowo-gibran-52-anies-imin-21-7-ganjar-mahfud-18-1).