Jokowi Membuka Peluang CASN Tahun 2024, Fresh Graduate dan Honorer Diimbau Bersiap-siap!

by -116 Views
Jokowi Membuka Peluang CASN Tahun 2024, Fresh Graduate dan Honorer Diimbau Bersiap-siap!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah mengumumkan pembukaan rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024. Kepala Negara menegaskan bahwa CASN 2024 akan difokuskan pada penerimaan lulusan baru universitas atau fresh graduate. Menurutnya, pemerintah memerlukan talenta muda untuk menghadapi disrupsi teknologi.

“Untuk menghadapi disrupsi teknologi yang begitu cepat, pemerintah membutuhkan pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, dan mendorong peningkatan kinerja dan akuntabilitas pemerintah,” kata Jokowi seperti yang dikutip oleh Sekretariat Presiden, Jumat (5/1/2024).

Jumlah formasi lulusan baru pada rekrutmen CPNS 2024 adalah sebanyak 690 ribu orang yang tersebar di instansi pusat sebanyak 207 ribu formasi dan instansi daerah sebanyak 483 ribu formasi.

Selain itu, Jokowi juga menyatakan akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN atau honorer, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

“Dimana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi yang belum diangkat sebagai PPPK, formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” kata Jokowi.

Artinya, pada tahun ini pemerintah akan membuka rekrutmen ASN 2024 sebanyak 2,3 juta. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengundang anak muda untuk ikut serta mengabdi kepada negara.

“Melalui kesempatan ini, saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi dan pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik,” jelasnya.