Jonggol & JSS Mengganti Presiden, Bagaimana Nasib IKN Jokowi?

by -48 Views
Jonggol & JSS Mengganti Presiden, Bagaimana Nasib IKN Jokowi?

Presiden Joko Widodo mengunjungi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) hari ini, Kamis (21/9/2023). Proyek ini sedang menjadi perhatian selama kampanye Pilpres 2024. Salah satu calon presiden, Anies Baswedan, telah menyatakan kekhawatiran terkait proyek ini. Dia berjanji akan meninjau kembali proyek ini jika terpilih, dengan alasan bahwa anggaran yang dimiliki Indonesia sebaiknya dialokasikan untuk kesejahteraan masyarakat.

Sejarah mencatat bahwa beberapa proyek besar di Indonesia pernah dibatalkan akibat pergantian kepemimpinan, seperti proyek Ibu Kota Jonggol yang direncanakan akan menjadi ibu kota baru Indonesia. Rencana ini terhenti akibat krisis moneter dan tumbangnya rezim Soeharto.

Selain itu, proyek mobil nasional Timor yang dimulai pada masa Orde Baru juga terpaksa dibatalkan karena krisis moneter yang berujung pada lengsernya Soeharto.

Sementara itu, proyek Jembatan Selat Sunda yang telah masuk tahap studi juga harus berhenti akibat krisis ekonomi. Meski pernah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, proyek ini tidak berlanjut setelah SBY lengser pada 2014.

Ketiga proyek ini mencerminkan potensi risiko proyek besar akibat pergantian kepemimpinan. Dengan IKN menjadi perhatian dalam kampanye Pilpres 2024, kekhawatiran kemungkinan pembatalan proyek tersebut menjadi topik yang hangat diperbincangkan.