Luhut is Back in Action as the Minister of Maritime Affairs and Investment

by -35 Views
Luhut is Back in Action as the Minister of Maritime Affairs and Investment

Luhut Binsar Pandjaitan telah kembali bekerja sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) setelah dua bulan menjalani perawatan dan pemulihan kesehatan di Singapura. Informasi ini berasal dari unggahan media sosial Instagram Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada hari Selasa (19/12/2023). Ad Interim Erick, yang sebelumnya melakukan tugas sebagai pengganti sementara Menko Marves selama Luhut berada di bawah perawatan, menyatakan bahwa dia telah menyelesaikan tugasnya tiga hari sebelumnya.

Erick mengungkapkan kebahagiannya atas kembalinya Luhut untuk memulai tugasnya kembali dan berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepadanya untuk menjabat sebagai Menko Marves Ad Interim. Selama menjalankan tugas tersebut, Erick menyatakan bahwa dia telah banyak belajar dan senang dengan sistem yang telah diterapkan selama ini oleh Luhut.

Selama di Kemenko Marves, Erick berhasil mendorong pembentukan Tourism Fund yang bertujuan untuk memacu pertumbuhan sektor pariwisata melalui penyelenggaraan berbagai event unggulan berskala internasional dalam mencapai target kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara. Selain itu, Erick juga mendorong penerbitan Perpres No.79 tahun 2023 mengenai revisi regulasi percepatan program kendaraan listrik, memimpin Satgas Sawit dalam memperbaiki tata kelola industri sawit dan meningkatkan penerimaan negara, serta mengkoordinasikan implementasi Simbara dalam mengoptimalkan pengawasan komoditas batu bara yang akan diperluas untuk tata kelola komoditas nikel maupun mineral lainnya.

Sejak dirawat di Singapura pada 10 Oktober 2023, Luhut secara publik muncul pertama kali saat menghadiri acara Pelantikan Kepala Staf Angkatan Darat di Istana Negara pada Rabu (29/11/2023). Pada acara tersebut, Luhut terlihat berdiri di antara jajaran para menteri Kabinet Indonesia Maju dengan mengenakan setelan jas hitam dan memakai peci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *