BMKG Melakukan Ini: Tanda Kiamat Bumi Tampak dari Laut

by -23 Views
BMKG Melakukan Ini: Tanda Kiamat Bumi Tampak dari Laut

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa data kelautan dan wilayah pesisir sangat penting untuk mendukung ketahanan terhadap perubahan iklim dan bahaya laut. Menurutnya, kondisi bumi saat ini sangat mengkhawatirkan dan tidak mudah diprediksi.

Dwikorita menyampaikan pendapatnya dalam event COP28 : Water For Life yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab. Dia mengatakan pentingnya pengamatan dan layanan laut yang berkelanjutan dalam mengurangi potensi permasalahan dan ancaman akibat perubahan iklim maupun ancaman lainnya.

Menurut Dwikorita, ketersediaan data dan informasi kelautan yang akurat dan handal tidak hanya berguna untuk melawan perubahan iklim, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir, pembangunan sektor kelautan dan perikanan, keamanan dan keselamatan pelayaran, serta dapat memperkuat sistem peringatan dini bencana, khususnya tsunami. Bagi Indonesia, wilayah pesisir dan laut sangat strategis dan penting karena interaksi darat-laut telah menjadi pendorong utama karakteristik cuaca-iklim di negara ini.

Dwikorita juga menyebutkan bahwa ENSO dan IOD telah menjadi faktor yang menonjol karena posisi geografis Indonesia yang berada di antara dua benua dan dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Pasifik. Selain itu, aktivitas Arus Lintas Indonesia (Indonesian Through Flow) juga turut mempengaruhi kondisi cuaca dan iklim di Indonesia.

Dalam konteks tersebut, Indonesia mengajak seluruh negara untuk bekerja sama melakukan pengamatan laut guna mengatasi tantangan perubahan iklim. Dwikorita mengatakan ketersediaan data dan informasi yang akurat mengenai laut menjadi salah satu bentuk mitigasi dampak perubahan iklim.

Sumber: CNBC Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *