Mengapa Penambahan Devisa dari DHE SDA Dianggap Belum Signifikan?

by -134 Views

Pemerintah Memperpanjang Evaluasi Aturan DHE SDA

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang evaluasi atas pelaksanaan PP 36 Tahun 2023 tentang Devisa Hasil Ekspor dari Kegiatan Pengusahaan, Pengelolaan dan Pengolahan Sumber Daya Alam (DHE SDA). Di sisi lain, Kemenko perekonomian mencatat peningkatan kepatuhan terhadap aturan DHE SDA.

Ketua Kebijakan Publik Apindo, Sutrisno Iwantono mengatakan aturan DHE SDA cukup memberatkan terkait likuiditas karena 30% DHE harus disimpan selama 3 bulan.

Sementara Direktur Eksekutif INDEF, Tauhid Ahmad belum melihat dampak signifikan aturan DHE SDA terhadap cadangan devisa. Dimana Cadev November USD 138,1 Miliar sementara di awal Tahun ada di posisi USD 139,4 Miliar.

Kondisi ini disebut Tauhid disebabkan imbal hasil yang ditawarkan perbankan dalam negeri yang tidak lebih menarik dari negara tetangga.

Seperti apa dampak aturan DHE SDA terhadap devisa negara dan Dunia usaha? Selengkapnya simak dialog Anneke Wijaya dengan Direktur Eksekutif INDEF, Tauhid Ahmad dan Ketua Kebijakan Publik Apindo, Sutrisno Iwantono dalam Power Lunch,CNBC Indonesia (Jum’at, 08/12/2023)