Roket Meluncur ke Kapal Inggris di Laut Arab

by -160 Views

Kapal perang dari Inggris dilaporkan terkena tembakan roket saat melintasi Laut Merah. Perusahaan keamanan maritim Ambrey menyatakan bahwa kapal tersebut dihantam roket saat berlayar 35 mil laut di lepas pantai barat Yaman. Kapal tersebut kemudian mengeluarkan panggilan darurat terkait kemungkinan serangan rudal.

Badan Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) juga menerima laporan aktivitas drone dan potensi ledakan yang berasal dari arah Yaman. Mereka memberikan peringatan kepada semua kapal untuk berhati-hati.

Peristiwa ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di Laut Merah dan perairan sekitarnya setelah militan Houthi yang didukung Iran menyita kapal kargo Israel, Galaxy Leader, bulan lalu. Dalam beberapa hari, dua rudal balistik juga diluncurkan dari daerah yang dikuasai militan Houthi di Yaman.

Kelompok Houthi telah meluncurkan serangkaian serangan drone dan rudal yang menargetkan Israel sejak perang pecah di Gaza pada tanggal 7 Oktober. Hal ini membuat para menteri luar negeri G7 melakukan pertemuan untuk mendesak para militan menghentikan ancaman terhadap pelayaran internasional dan membebaskan Galaxy Leader.

Kapal yang diserang terkait dengan Dan David Ungar, seorang warga negara Inggris yang terdaftar sebagai penduduk Israel di direktori perusahaan utama Inggris.