Rencana Kereta Cepat Whoosh untuk Melintasi Kota Bandung

by -145 Views

Ada kabar baru mengenai proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh. Proyek ini yang melibatkan Indonesia dan China akan diperpanjang hingga ke Kota Bandung, Jawa Barat.

Saat ini, titik akhir Kereta Cepat Whoosh berada di Stasiun Tegalluar yang terletak di Cibiru Hilir, Cileunyi, Kabupaten Bandung. Untuk sampai ke Kota Bandung, penumpang Kereta Cepat Whoosh harus transit di Stasiun Padalarang dan berganti kereta menuju Stasiun Hall, Bandung.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan kemungkinan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan ditambah hingga ke daerah Kopo, Kota Bandung. Hal ini disampaikan dalam diskusi bersama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), PT Kereta Api Indonesia (Persero), Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, serta Kementerian Perhubungan.

“Pilihan ini silakan ditangkap, tentunya wewenang ini ada di KCIC karena ini kereta cepat Jakarta-Bandung ya harusnya berhenti benar-benar di Bandung,” ujar Moeldoko.

Moeldoko menyebut bahwa penambahan stasiun kereta cepat perlu dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang Kereta Cepat Whoosh. Hal ini akan memungkinkan penumpang untuk sampai ke Kota Bandung tanpa perlu lagi transit dan pindah ke kereta feeder.

KSP akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga terkait untuk mengkaji kemungkinan penambahan stasiun kereta api cepat. Pembangunan stasiun ini juga harus memperhatikan dampak positif terhadap masyarakat.

Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan bahwa usulan pengembangan stasiun kereta api cepat di daerah Kopo masih menjadi pertimbangan, namun belum dapat dilaksanakan karena keterbatasan pendanaan serta izin penggunaan lahan.

Plt Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pertambangan dan Investasi, Rifky Setiawan menyatakan bahwa perlu adanya kajian lebih lanjut mengenai pembangunan stasiun di Kopo. Fokus pendanaan saat ini dilakukan terhadap 4 stasiun yang sudah beroperasi yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Saat ini, terdapat 4 stasiun Kereta Api Cepat yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. KCIC juga telah bekerja sama dengan berbagai operator untuk menghadirkan integrasi antarmoda. Di Stasiun Halim terdapat LRT Jabodebek, Damri tujuan bandara Soekarno Hatta, Transjakarta, dan layanan khusus taksi konvensional.

Untuk Stasiun Padalarang terdapat kereta Feeder untuk penumpang menuju Stasiun Cimahi dan Stasiun Bandung. Sementara untuk Stasiun Tegalluar akses penumpang dimudahkan melalui pembukaan exit tol KM 149 dan jembatan Cibiru baru untuk menuju Stasiun Tegalluar serta terdapat layanan Damri.