Apakah 60% Penduduk Jakarta dapat Menggunakan Transportasi Massal pada Tahun 2030?

by -142 Views

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) menargetkan perpindahan kendaraan pribadi ke transportasi umum dapat mencapai 60% pada tahun 2030. Pengamat Tata Kota Trisakti, Nirwono Yoga, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI memiliki beberapa tantangan untuk mencapai target ini. Salah satunya adalah dengan menerapkan kebijakan yang tegas untuk “memaksa” warga beralih ke transportasi massal.

Dalam jangka pendek, diperlukan aturan yang membatasi pergerakan kendaraan pribadi ke pusat kota, seperti kebijakan ganjil-genap yang berlaku di seluruh wilayah Jabodetabek selama 24 jam. Selain itu, perluasan layanan transportasi massal di Jabodetabek dan pengembangan tata kota harus terkait dengan transportasi massal.

Apa saja tantangan dan peluang yang dihadapi oleh DKI dalam pengembangan transportasi massal? Simak dialog antara Bramudya Prabowo dengan Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti, Nirwono Yoga dalam acara Profit, CNBC Indonesia (Rabu, 01/11/2023).