Gibran Maju sebagai Cawapres, Jokowi Mengungkapkan Tanggapannya Mengenai Ganjar

by -138 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi), menjawab pertanyaan Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, terkait dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) Pilpres 2024 yang diusung PDIP.

“Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini,” ujar Presiden Jokowi dalam apel Hari Santri 2023 di Surabaya, Jawa Timur, beberapa saat lalu. 

Jokowi pun enggan mengungkapkan apakah ia mencondongkan dukungan terhadap salah satu pasangan calon (paslon) capres dan calon wakil presiden (cawapres) dalam Pilpres mendatang.

Sebelumnya, Puan meminta para wartawan untuk bertanya kepada Jokowi terkait dukungan terhadap Ganjar setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan salah satu gugatan yang membuat putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, berpeluang didaftarkan sebagai cawapres.

“Pertanyaannya harus ditanyakan ke Pak Jokowi bukan ke saya. Jadi nanti tanya ya kalau presiden sudah pulang, masih mendukung Pak Ganjar Pranowo atau punya pilihan lain. Tolong ditanyakan. Saya juga mau tahu jawabannya,” kata Puan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, dikutip dari CNN Indonesia.

Sebagai informasi, Gibran dan Prabowo Subianto resmi menjadi sebagai pasangan terakhir yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (25/10) lalu.

Adapun, Gibran dapat maju ke Pilpres 2024 setelah MK mengeluarkan putusan syarat capres dan cawapres adalah berusia 40 tahun atau memiliki pengalaman menjadi kepala daerah.