Kapan Menteri Pertanian Amran Mau Mencapai Swasembada Beras di Indonesia?

by -132 Views

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman optimistis Indonesia bisa kembali mencapai swasembada pangan dalam waktu 2-3 tahun mendatang. Hal ini disampaikan Amran kepada wartawan di Kantor Kementerian Pertanian Jakarta, pada tanggal 25 Oktober 2023.

Amran mengatakan bahwa komoditas yang akan didorong oleh Kementan untuk mencapai swasembada pangan adalah jagung dan bawang merah. Namun, Amran menyebut bahwa strategi yang akan digunakan masih akan dibahas dalam rapat pimpinan dengan jajaran Kementan.

Amran juga menjelaskan bahwa untuk mencapai swasembada pangan, Indonesia perlu meningkatkan produksi dalam negeri sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Oleh karena itu, Kementan akan fokus dalam memperkuat produksi berbagai komoditas strategis dalam satu tahun ke depan. Amran optimistis bahwa target tersebut dapat tercapai seperti yang pernah dilakukan Indonesia pada tahun 2017 dan 2021.

Selain itu, Amran juga menyampaikan optimisme bahwa angka impor beras dapat ditekan. Meskipun pada tahun ini Indonesia berencana mengimpor sebanyak 3,5 juta ton beras, Amran berharap impor tersebut dapat dikurangi hingga mencapai titik nol.

Sebagai informasi, Amran Sulaiman kembali menjabat sebagai Mentan setelah sebelumnya Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri akibat tersandung kasus dugaan korupsi-gratifikasi. Jokowi juga sempat menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Mentan sebelum akhirnya mengangkat Amran kembali.