Prabowo Subianto Kunjungan Kerja Beruntun 5 Negara dalam 3 Hari, Temui Para Pimpinan Negara

by -35 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, yang juga merupakan presiden terpilih untuk periode 2024-2029, melakukan kunjungan ke lima negara di Asia Tenggara dalam waktu tiga hari untuk bertemu dengan pimpinan negara masing-masing.

Kunjungan pertama Prabowo adalah ke Brunei Darussalam untuk bertemu dengan Sultan Haji Hassanal Bolkiah di Istana Nurul Iman, Brunei Darussalam, pada Kamis (5/9). Prabowo berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta pada pukul 10:00 pagi.

Pertemuan antara Prabowo dan Sultan Brunei membahas berbagai isu strategis, terutama dalam bidang pertahanan dan kerja sama di bidang pendidikan. Prabowo mengundang para perwira Brunei Darussalam untuk mengikuti program Magister di Universitas Pertahanan Republik Indonesia (RIDU).

Setelah mengunjungi Brunei, Prabowo melanjutkan perjalanannya ke Laos dengan take off dari Bandara Internasional Brunei pada Kamis, 5 September pukul 14:27 waktu setempat dan tiba di Laos pukul 17:38 waktu setempat.

Di Laos, Prabowo bertemu dengan Presiden Republik Demokratik Rakyat Laos Thongloun Sisoulith dan Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone pada Jumat, 6 September 2024. Dalam pertemuan tersebut, berbagai isu strategis antara Indonesia dan Laos dibahas untuk keuntungan kedua belah pihak.

Selanjutnya dari Laos, Prabowo menuju Kamboja dan tiba di sana untuk bertemu dengan Presiden Senat Kamboja, Samdech Akka Moha Sena Padei Techo (Hun Sen), dan Perdana Menteri Kamboja Samdech Moha Borvor Thipadei (Hun Manet).

Prabowo menyampaikan penghargaan kepada Kamboja atas komitmen yang berkelanjutan dalam memperkuat kerja sama pertahanan dengan Indonesia. Ia juga menyatakan keyakinan bahwa Indonesia dan Kamboja bisa bekerja sama untuk memajukan kedua negara.

Prabowo kemudian melanjutkan kunjungannya ke Thailand. Di sana, ia menghadiri jamuan makan malam bersama mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra dan putrinya yang merupakan Perdana Menteri baru Thailand, Paetongtarn Shinawatra.

Setelah Thailand, Prabowo melanjutkan perjalanan ke Malaysia, di mana ia bertemu dengan Raja Malaysia Yang Maha Mulia Seri Paduka Baginda Yang Di-Pertuan Agong Sultan Ibrahim di Istana Negara, Kuala Lumpur. Prabowo memastikan agar kerja sama antara kedua negara terus berlanjut.

Usai mengunjungi Malaysia, Prabowo kembali ke Indonesia pada Sabtu pagi setelah melakukan kunjungan ke lima negara Asia Tenggara.

Source link