Prabowo Subianto: Negara-negara Afrika Lihat Indonesia sebagai Contoh Keberhasilan

by -96 Views
Prabowo Subianto: Negara-negara Afrika Lihat Indonesia sebagai Contoh Keberhasilan

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengungkapkan bahwa negara-negara di Afrika menganggap Indonesia sebagai contoh yang baik yang patut dijadikan teladan karena dinilai sukses dalam proses pembangunan.

Prabowo menyampaikan hal tersebut setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara Gambir, Jakarta, Kamis (13/6) sore setelah menghadiri KTT Gaza di Amman, Yordania dan kunjungan kerja di Jeddah, Arab Saudi.

Pernyataan tersebut disampaikan Prabowo ketika ditanya oleh awak media mengenai salah satu fokus program kebijakan pemerintah periode 2024-2029, yaitu memperluas dan melanjutkan kerja sama yang kuat dengan negara-negara lain, termasuk Afrika.

“Mereka (Afrika) melihat Indonesia sebagai contoh keberhasilan negara berkembang, negara di selatan. Langkah-langkah kita, keberanian kita untuk hilirisasi, dan keberpihakan kita selalu bersama rakyat yang sedang mengalami kesulitan di dunia ini menarik perhatian mereka,” ungkap Prabowo.

Prabowo juga menyatakan bahwa banyak negara tetangga yang mengundangnya dan termotivasi untuk belajar serta mengirimkan putra-putri terbaiknya untuk bersekolah di Indonesia guna mendapatkan ilmu.

Sebelumnya, Prabowo telah menyoroti beberapa poin tentang Afrika dalam artikel pendapatnya yang dimuat di media asing Newsweek, Rabu (12/6) dengan judul “The Road Ahead for Indonesia.”

Prabowo menekankan bahwa akan fokus pada Afrika, yang ia gambarkan sebagai benua yang dekat di hatinya dan merupakan negeri yang penuh peluang. Namun, fokusnya adalah pada kemitraan dalam berbagai bidang yang dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

“Kita dapat mendukung satu sama lain, berbagi pengalaman, dan dengan membangun sinergi dan kemitraan, bekerja untuk mentransformasi negara kita,” kata Prabowo.

Source link