Penasihat Prabowo Mengusulkan Proyek ‘Kepentingan’ Jokowi Dilanjutkan Menjadi Ini

by -15 Views
Penasihat Prabowo Mengusulkan Proyek ‘Kepentingan’ Jokowi Dilanjutkan Menjadi Ini

Penasihat Khusus Presiden Urusan Energi, Purnomo Yusgiantoro, mengungkapkan bahwa program hilirisasi yang telah dicanangkan sejak era pemerintahan Joko Widodo akan diajukan untuk dilanjutkan di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto. Selain itu, program ini tidak hanya akan fokus pada hilirisasi, tetapi juga akan melibatkan industrialisasi.

Menurut Purnomo, industrialisasi akan mendorong pengolahan produk hasil hilirisasi, terutama komoditas mineral menjadi produk akhir. Diskusi ini diungkapkan dalam acara Seminar Publik Centre For Science and International Studies (CSIS) di Jakarta.

Indonesia saat ini sedang membangun ekosistem industri baterai kendaraan listrik, tetapi masih kurang satu jenis mineral, yaitu lithium. Purnomo menyebut bahwa kerjasama tentang lithium menjadi penting karena mineral tersebut diperlukan bersama dengan nikel.

Selain itu, Indonesia juga sedang mengelola program hilirisasi komoditas batu bara menjadi gas atau dimethyl ether (DME). Namun, Purnomo menyoroti bahwa proyek tersebut menghadapi berbagai tantangan, seperti penarikan diri perusahaan asing.

Sebagai informasi tambahan, Presiden Joko Widodo juga telah meresmikan pabrik pengolahan dan pemurnian tembaga dan alumina sebagai langkah awal menuju Indonesia sebagai negara industri. Di Gresik, Jawa Timur, Jokowi mengatakan bahwa pembangunan smelter PT Freeport Indonesia merupakan bagian dari usaha pemerintah untuk menciptakan industri dan lapangan kerja yang luas.

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso, menambahkan bahwa operasinya smelter tembaga PT Freeport Indonesia dapat menjadi dasar industrialisasi di Indonesia, dengan harapan bisa menciptakan nilai tambah yang besar untuk negara.