Kinerja PTK & PIS dalam Mengumpulkan 28 Ton Sampah di Pantai Trisik Yogyakarta berhasil

by -6 Views
Kinerja PTK & PIS dalam Mengumpulkan 28 Ton Sampah di Pantai Trisik Yogyakarta berhasil

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan PT Pertamina International Shipping (PIS) bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo telah mengumpulkan 28 ton sampah dalam aksi Coastal Clean Up di Pantai Trisik Muara Progo, Kulon Progo, Yogyakarta. Pandawara Group juga turut serta dalam kegiatan ini sebagai influencer yang aktif memperjuangkan isu lingkungan, dan berhasil melibatkan lebih dari 1000 orang dari berbagai kalangan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan wujud Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang berfokus pada pelestarian pesisir dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-14 tentang melestarikan sumber daya laut dan samudera secara berkelanjutan. Coastal Clean Up ini juga merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun ke-55 PTK yang mendapat dukungan dari Pemerintah Kulon Progo.

Vice President Legal & Relations PTK, Sonny Mirath, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan pesisir yang sejalan dengan tagline TJSL Subholding Integrated Marine Logistics yaitu “berSEAnergi untuk Laut”. Sampah yang terkumpul terdiri dari sampah plastik domestik dan organik, yang dikelola oleh DLH Kulon Progo dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Trisik.

PTK juga memberikan bantuan kepada Pokdarwis Pantai Trisik berupa sarana kebersihan. Keberhasilan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi awal dari inisiatif-inisiatif berkelanjutan di masa depan dan menginspirasi masyarakat serta pelaku industri lainnya untuk aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di wilayah pesisir.