LEADERSHIP OF INDONESIAN NATIONAL LEADERS [TEUKU UMAR]

by -47 Views

oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku: Catatan Kepemimpinan Militer dari Bab I Pengalaman]

Banyak contoh dalam sejarah bangsa kita di mana musuh kita memiliki kelebihan dalam hal kekuatan, senjata, dan pengalaman. Namun, karena sikap yang tepat, karena kebaikan pemimpin kita, jujur, patriotik, cerdas, kerja keras, dan tidak pernah tunduk pada dominasi bangsa asing, kita berhasil mengatasi segala rintangan berulang kali.

Salah satu cerita kepemimpinan paling cerdas di masa kolonial Nusantara berasal dari kisah kepemimpinan Teuku Umar. Sebagai anggota dari angkatan bersenjata Belanda, ia berhasil memperdaya Belanda dua kali dengan ‘perang semu’ dan memperkuat gerakan perlawanan Aceh terhadap penjajah.

Sepanjang sejarah, sudah terbukti berulang kali bahwa kunci kejayaan suatu bangsa adalah kepemimpinan. Ketika saya berada di angkatan bersenjata, saya belajar sebuah pepatah yang relevan untuk setiap prajurit di berbagai zaman: ‘tidak ada prajurit buruk, hanya ada komandan buruk’.

Saya juga belajar pepatah lain sebagai seorang perwira muda: ‘Seribu kambing yang dipimpin harimau akan mengaum, tetapi seribu harimau yang dipimpin kambing akan mengembik’.

Salah satu cerita kepemimpinan paling cerdas di masa kolonial Nusantara adalah kisah Teuku Umar. Teuku Umar lahir di Meulaboh, Aceh Barat pada tahun 1854. Sejak kecil, Teuku Umar dikenal sebagai anak yang cerdas dan berani. Dia juga tegar dan gigih menghadapi kesulitan.

Teuku Umar berusia 19 tahun ketika dia pertama kali bersenjata dan melawan Belanda pada awal agresi Belanda pertama pada tahun 1873. Ketika dia berusia 29 tahun, dia berpura-pura menjadi kolaborator Belanda dan masuk ke layanan militer Belanda. Dia disambut oleh Gubernur Van Teijn sendiri, yang bermaksud menggunakan Teuku Umar sebagai ‘agen’ untuk memperoleh simpati Aceh.

Teuku Umar membuktikan kemampuannya kepada Belanda dengan menghancurkan pos-pos pertahanan Aceh. Akibatnya, dia diberi peran lebih besar dalam memimpin 17 komandan dan 120 prajurit, termasuk seorang laksamana.

Perlawanan Teuku Umar terhadap Belanda dimulai ketika kapal Inggris “Nicero” terdampar pada tahun 1884. Kapten dan kru dibawa sebagai tawanan oleh Raja Teunom, yang menuntut uang tebusan. Pemerintah Kolonial Belanda menugaskan Teuku Umar untuk merebut kembali kapal itu. Namun, dia menuntut banyak peralatan dan senjata. Belanda menyetujui permintaannya.

Kemudian, Belanda terkejut oleh kabar bahwa para prajuritnya yang bergabung dengan Teuku Umar semua tewas di tengah laut. Teuku Umar mengambil semua senjata dan peralatan. Teuku Umar telah membelot dan berpihak kepada Aceh terhadap Belanda.

Perang panjang antara Aceh dan Belanda memaksa Teuku Umar untuk merancang strategi baru, menggunakan trik lama yang sudah sangat dia kenal. Seorang ahli dalam tipu daya, sepuluh tahun kemudian, dia menyerahkan diri kepada Belanda lagi. Dia melakukannya dengan menyelenggarakan ‘pertempuran semu’ dan mengerahkan pasukan untuk mengirim pesan rahasia. Belanda, terkesan, memberinya gelar ‘Teuku Johan Jenderal Tertinggi-Pahlawan Belanda’. Tiga tahun kemudian, seperti yang Anda duga, Teuku Umar membelot kepada Belanda untuk yang kedua kalinya. Dia membawa pasukannya dan 800 senjata, 25.000 peluru, 500 kg amunisi, dan $18.000 tunai.

Setelah bertahun-tahun berperang melawan Belanda, Teuku Umar terpojok saat dia tiba di pinggiran Kota Meulaboh. Pasukan Belanda mengetahui lokasinya; Teuku Umar dan orang-orangnya dikelilingi. Dia dan orang-orangnya memilih untuk langsung menghadapi Belanda dan bertempur sampai akhir. Sebuah peluru musuh menembus dadanya. Teuku Umar mati sebagai seorang pahlawan.

Source link