Kemendag dan KPPU Berkolaborasi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi 8%

by -40 Views

Ketua dan anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk membahas sinergi pengawasan perdagangan dan persaingan usaha dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 8%.

Zulhas menjelaskan bahwa pemerintah tengah gencar menciptakan akses pasar bagi produk domestik melalui kesepakatan pembebasan tarif dengan berbagai mitra, termasuk dengan Jepang dalam penandatanganan Protokol Perubahan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement.

Dalam pertemuan di Kantor Kementerian Perdagangan pada tanggal 8 Agustus 2024, kedua pemimpin lembaga tersebut bertukar pikiran terkait persaingan usaha di masa mendatang. Zulhas menekankan perlunya perkuatan industri pangan nasional yang fokus pada keunggulan dan karakteristik daerah.

KPPU juga menyaksikan penandatanganan persetujuan Rancangan Peraturan Presiden terkait Sekretariat KPPU, yang salah satunya mengatur transformasi semua pegawai KPPU menjadi Aparatur Sipil Negara.

Ketua KPPU M. Fanshurullah Asa mengatakan bahwa permasalahan importasi produk ilegal menjadi perhatian KPPU karena berdampak pada persaingan yang ada. KPPU siap bersinergi dengan Kementerian Perdagangan dalam menyikapi temuan terkait masalah tersebut.