Pencapaian Laba MIND ID Rp 27,5 Triliun di Tahun 2023, Penyebabnya Adalah Ini

by -80 Views
Pencapaian Laba MIND ID Rp 27,5 Triliun di Tahun 2023, Penyebabnya Adalah Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) telah mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin (10/6/2024). RUPST ini mencatat peningkatan kinerja perusahaan pada tahun 2023.

Laba bersih mencapai Rp 27,5 triliun, naik 22,4% dari capaian tahun buku 2022 dan 36,3% lebih tinggi dari RKAP 2023. Realisasi EBITDA MIND ID mencapai Rp 40,3 triliun, naik 9,7% dibandingkan tahun 2022 dan 58,7% lebih tinggi dari RKAP 2023.

Total aset MIND ID juga meningkat 13% year on year (yoy) menjadi Rp 259,2 triliun, diikuti oleh peningkatan ekuitas hingga 18% yoy menjadi Rp 129,6 triliun.

Dari sisi operasional, MIND ID berhasil mempertahankan laju produksi berbagai komoditas tambang guna meningkatkan nilai tambah sumber daya mineral Indonesia mulai dari nikel, tembaga, timah, batu bara, hingga emas dan perak.

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso menyampaikan bahwa pencapaian ini merupakan hasil komitmen MIND ID dan Anggota Holding untuk terus menjaga kinerja operasional perusahaan dengan optimal. MIND ID mendapat mandat dari pemerintah untuk mengelola komoditas mineral Indonesia dengan nilai tambah yang baik, serta menjaga kondisi perusahaan agar tetap prima dalam mendukung program ekonomi pemerintah.

Selama Januari-Desember 2023, MIND ID telah memproduksi minimal 41,90 juta ton batu bara, 15.300 ton timah ingot, 214.900 ton aluminium, 13,44 juta ton nikel, 21.500 ton feronikel, 2,01 juta ton bauksit, dan 1,2 ton emas.

Hendi menyampaikan bahwa kondisi geopolitik berhasil diatasi oleh MIND ID dan Anggota Holding dengan baik. Upaya mitigasi dan antisipasi fluktuasi harga dan nilai tukar menjadi perhatian penting perusahaan. Perusahaan juga mulai menjajaki ekspansi pasar baru serta memperkuat penetrasi pasar eksisting komoditas untuk mengoptimalkan penjualan dan produksi mineral Indonesia.

RUPST MIND ID ini menunjuk Fuad Bawazier sebagai Komisaris Utama (Komut) dan Pamitra Wineka sebagai Komisaris Independen. Juga menyetujui penghentian Jisman Parada Hutajulu sebagai Komisaris dan mengangkat Grace Natalie Louisa sebagai Komisaris.

Susunan Komisaris & Direksi MIND ID terbaru:
Dewan Komisaris:
– Komisaris Utama: Fuad Bawazier
– Komisaris Independen: Muhammad Munir
– Komisaris Independen: Pamitra Wineka
– Komisaris: Astera Primanto Bhakti
– Komisaris: Grace Natalie
– Komisaris: Nicolaus Teguh Budi Harjanto

Direksi:
– Direktur Utama: Hendi Prio Santoso
– Wakil Direktur Utama: Dany Amrul Ichdan
– Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha: Dilo Seno Widagdo
– Direktur Keuangan: Akhmad Fazri
– Direktur Manajemen Risiko dan HSSE: Nur Hidayat Udin

Hendi berharap dengan susunan pengurus baru ini, MIND ID dapat terus menciptakan nilai tambah di industri pertambangan sesuai dengan Tata Kelola Perusahaan yang baik, menjunjung tinggi keberlanjutan, dan memberikan kontribusi aktif bagi ekonomi Indonesia ke depannya.

[Gambas: Video CNBC]

(pgr/pgr)