Peluang PDIP untuk Mengusung Anies dalam Pemilihan Gubernur Jakarta Dibuka secara Terang-terangan

by -103 Views
Peluang PDIP untuk Mengusung Anies dalam Pemilihan Gubernur Jakarta Dibuka secara Terang-terangan

PDIP-Perjuangan secara terang-terangan membuka peluang untuk mendukung mantan calon presiden 2024 Anies Baswedan sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024. Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah, menyatakan hal itu terkait kemungkinan bekerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Kemungkinan kita akan melakukan kerja sama politik dalam Pilkada Jakarta, dan kemungkinan PKB akan mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta,” ujarnya di Kantor DPP PKB Jakarta seperti dilansir dari CNN Indonesia pada Sabtu (8/6/2024).

Namun, Anies Baswedan tidak diusung langsung oleh PDIP, melainkan oleh tandemnya, yaitu PKB. Ahmad Basarah menambahkan, “Ketika kerja sama kami dengan PKB direalisasikan dalam Pilkada Jakarta, kemungkinan besar pembicaraan akan berkaitan dengan calon yang diusung dari PKB, dalam hal ini Pak Anies Baswedan.”

PDI-Perjuangan saat ini membutuhkan kerja sama politik dengan partai lain dalam mengusung kepala daerah, dan ini membutuhkan kerja sama partai politik. Meski begitu, belum ada keputusan final dari wacana tersebut, dan partai masih mempertimbangkan banyak faktor, termasuk peluang dan elektabilitas.

Ahmad Basarah menegaskan, “Pembicaraan mengenai Pilkada DKI Jakarta dan pilkada di tempat lain masih dalam proses pengerucutan dan belum mencapai kesimpulan apalagi keputusan.” Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani juga menyebut nama Anies cukup menarik untuk diusung dalam Pilgub DKI Jakarta.

Anies Baswedan juga memuji PDIP dan menyebut partai tersebut menarik sebagai kemungkinan untuk Pilgub Jakarta 2024, namun tetap ingin melihat situasi terlebih dahulu sebelum membuat keputusan.