BP Tapera Bakal Berkolaborasi dengan Dukcapil & BKN untuk Mengintai Calon Peserta

by -90 Views
BP Tapera Bakal Berkolaborasi dengan Dukcapil & BKN untuk Mengintai Calon Peserta

Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Pengelola (BP) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) mengumumkan bahwa mereka akan mengintegrasikan data peserta dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Komisioner BP Tapera, Heru Pudyo Nugroho, menyatakan bahwa langkah ini diambil untuk meningkatkan kualitas layanan, terutama dalam pengembalian hak kepesertaan bagi mantan peserta Bapertarum.

“BP Tapera secara terus-menerus melakukan perbaikan sistem dan tata kelola, antara lain dengan mengintegrasikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan Dukcapil, Nomor Induk Pegawai (NIP) dengan BKN, serta validasi nomor rekening dengan lembaga perbankan,” ujar Heru di Gedung BP Tapera, pada Rabu (5/6/2024).

Selain itu, Heru menyebutkan bahwa BP Tapera juga bekerja sama dengan lembaga di luar pemerintah, seperti PT Taspen, Pemerintah Daerah (Pemda), dan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI).

“Kami juga melakukan upaya untuk menemukan peserta yang sudah meninggal, namun ahli warisnya belum diketahui melalui berbagai cara, serta melakukan sosialisasi melalui berbagai media sosial,” tambah Heru.

BP Tapera juga memberikan edukasi dan dorongan kepada pemberi kerja, seperti Pemda, instansi, dan lembaga, untuk melakukan pemutakhiran data.

“Tujuan kami adalah melindungi hak peserta dan memastikan pengembalian hak peserta saat kepesertaan berakhir,” tutup Heru.

(mij/mij)