Update Terbaru: Material Besi Jatuh di Lintasan MRT Jakarta Disusul oleh Informasi Terkini

by -86 Views
Update Terbaru: Material Besi Jatuh di Lintasan MRT Jakarta Disusul oleh Informasi Terkini

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku kontraktor proyek pembangunan Gedung Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat insiden jatuhnya material besi tepat di lintasan MRT Jakarta Line Bundaran HI-Lebak Bulus antara Stasiun MRT Asean dan Stasiun MRT Blok M pada Kamis (30/5/2024) sekitar pukul 17.00 WIB.

Peristiwa tersebut mengganggu operasional dan kenyamanan para pengguna MRT Jakarta. EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, setelah kejadian tersebut, Hutama Karya evakuasi material besi dalam empat tahap selama dua jam yang selesai lebih cepat pada pukul 20.05 WIB. Namun, pengoperasian menjadi kewenangan MRT Jakarta.

Menurut Adjib, insiden ini disebabkan oleh induksi elektromagnetik saat kereta MRT melintas dan tower crane sedang mengangkat material besi. Induksi tersebut menyebabkan crane mati mendadak, sehingga material besi terjatuh dan masuk ke dalam rel MRT mengikuti arus induksi.

Namun, sebelum pengangkatan material dilakukan, Hutama Karya telah berkoordinasi dengan MRT Jakarta dan menyepakati batas aman jarak pengangkatan material, yaitu enam meter, berdasarkan hasil koordinasi tersebut.

Hutama Karya akan mengambil langkah-langkah preventif untuk mencegah terulangnya insiden serupa di masa mendatang, termasuk evaluasi dan peningkatan prosedur keselamatan kerja terkait penggunaan crane di dekat jalur MRT Jakarta, peninjauan ulang jarak aman pengangkatan material dengan melibatkan ahli elektromagnetik, serta peningkatan koordinasi dan komunikasi dengan MRT Jakarta untuk memastikan keselamatan operasional.

Adjib menyatakan bahwa Hutama Karya berkomitmen untuk fokus pada penyelesaian di lapangan lebih cepat, melanjutkan proses investigasi, memperbaiki dampak insiden tersebut, dan akan memberikan informasi terkini secepatnya.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Asyik! Warga Bekasi, Siap-Siap MRT Timur-Barat Bakal Dibangun Agustus

(miq/miq)