Mencari ‘Harta Karun Langka’ Indonesia di Bledug Kuwu, Perancis

by -102 Views
Mencari ‘Harta Karun Langka’ Indonesia di Bledug Kuwu, Perancis

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Indonesia sedang bekerja sama dengan perusahaan tambang dan metalurgi asal Prancis, Eramet, untuk mengidentifikasi potensi lithium di Wilayah Bledug Kuwu, Jawa Tengah. Staf Khusus Menteri ESDM, Irwandy Arif, menjelaskan bahwa Badan Geologi Indonesia telah meresmikan kerja sama strategis dengan Eramet untuk penyelidikan lithium di Bledug Kuwu.

Menurut Irwandy, kerja sama baru sebatas di Bledug Kuwu, namun kemungkinan akan diperluas ke daerah lain yang juga memiliki potensi lithium seperti di Sulawesi Barat. Badan Geologi sebelumnya mengungkapkan minat perusahaan asing dalam mengelola potensi lithium di Indonesia, terutama di Bledug Kuwu.

Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi, Moehammad Awaluddin, menyatakan bahwa Bledug Kuwu memiliki kandungan lithium yang menarik dan lebih unggul dibandingkan Lumpur Lapindo. Permintaan lithium meningkat seiring dengan pertumbuhan industri baterai kendaraan listrik, sehingga penelitian dan penemuan lithium di Indonesia menjadi prioritas penting.