Proyek Kesayangan Jokowi yang Diungkapkan Menhub, Berikut Rinciannya

by -122 Views
Proyek Kesayangan Jokowi yang Diungkapkan Menhub, Berikut Rinciannya

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa pihaknya tengah menggarap banyak proyek strategis nasional (PSN). Sebagian besar PSN tersebut kini sudah akan selesai proses pengerjaannya.

“Kalau kita bicara kuantitatif, maka Kementerian Perhubungan sudah mencapai 82% yaitu 25 proyek sudah selesai 7 di udara, 7 di kereta api, 11 di pelabuhan, dan empat proyek akan selesai pada tahun ini dan masih ada dua proyek yang mungkin harus selesai atau diselesaikan tahun depan,” katanya di Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Beberapa proyek yang masih dalam tahap progres ialah Pelabuhan Sorong, pengembangan Pelabuhan Benoa melalui Bali Maritime Tourism Hub (BMTH), pembangunan jalur ganda (double track) kereta api di Selatan Jawa, dan proyek KA Logistik Lahat-Kertapati. Pemerintah juga sudah membangun beberapa proyek lain.

“Kita juga sudah membangun bersama Pelindo, Makassar New Airport jadi pembangunan itu bukan terjadi di Jawa. Jawa sentris itu tidak ada lagi, sekarang Indonesia sentris oleh karenanya apa yang kita bangun di Makassar berupa port beberapa kereta api membuktikan kita tidak berkonsentrasi di Jawa saja. Kita jauh bahkan bandara-bandara kita bangun di Papua,” kata Budi Karya Sumadi.

Hal itu sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk di bagian timur Indonesia. Beberapa wilayah lain yang memiliki potensi pun mendapat prioritas untuk memiliki PSN.

“Seperti Bandara Komodo pada saat pertemuan ASEAN ada di sana, bandaranya kecil tapi bagus dan dalam kesempatan ini saya nyatakan bandara ini akan kita laksanakan dengan KPBU, kita sedang mencari local partner dan internasional partner agar kreatif financing bisa dilakukan di bandara Labuan Bajo ini. Kita yakini bahwa Labuan Bajo adalah the next of Bali lalu Bandara Raya NTB yang juga berperan penting dalam kegiatan-kegiatan,” tutup Budi Karya.

Artikel Selanjutnya
LMAN Bebaskan Lahan PSN Rp18 T di 2024, Ini Daftar Proyeknya!

(fys/wur)