Bank Mandiri Menunjukkan Solusi dengan Mengungkap Keandalan Aplikasi Livin di London

by -79 Views
Bank Mandiri Menunjukkan Solusi dengan Mengungkap Keandalan Aplikasi Livin di London

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) memperkenalkan layanan lintas batas di aplikasi Livin’ by Mandiri yang menyediakan berbagai kemudahan transaksi keuangan dan dapat diakses dengan mudah di 119 negara.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri, Rohan Hafas, mengatakan bahwa layanan ini juga memungkinkan WNI di luar negeri, terutama di Inggris, untuk menikmati semua layanan di Livin’ by Mandiri seperti Multicurrency Account, Mandiri Debit Multicurrency, Transfer Valas, Pembayaran QR Cross Border, Livin’ Investasi, Livin’ Tap to Pay, dan puluhan fitur lainnya.

“Selain untuk kebutuhan keuangan, Livin’ by Mandiri juga dapat melayani kebutuhan investasi nasabah seperti rencana tabungan, deposito, pembelian Reksa Dana, dan Surat Berharga Ritel (SBR) di Livin’. Termasuk pemenuhan kebutuhan gaya hidup lainnya seperti pembelian tiket pesawat dari dan ke luar negeri, bahkan kebutuhan pinjaman di Indonesia melalui fitur Livin’ Sukha,” ujar Rohan dalam keterangannya, Selasa (7/5/2024).

Rohan menjelaskan bahwa Bank Mandiri menyadari pentingnya akses keuangan yang inklusif, terutama bagi pelajar yang belajar di luar negeri. Upaya ini juga merupakan bentuk implementasi perusahaan dalam menerapkan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG), khususnya dalam penyediaan akses keuangan kepada masyarakat, termasuk yang tidak terlayani.

“Dengan solusi keuangan lintas batas di Livin’ by Mandiri, kami berharap dapat memudahkan para pelajar maupun alumni yang belajar di luar negeri dalam mengelola keuangan mereka dengan berbagai solusi transaksi finansial dan non finansial,” tambahnya.

Livin’ by Mandiri saat ini telah mengelola 846 juta transaksi pada kuartal I-2024, meningkat 41,7% secara year on year (YoY) dengan jumlah pengguna mencapai 24,4 juta, naik 40% secara YoY.

Nilai transaksi Livin’ by Mandiri pada kuartal I 2024 mencapai Rp 921 triliun, tumbuh 27,4% dibanding periode yang sama tahun lalu. Dari jumlah tersebut, terdapat 10 fitur Livin’ yang paling banyak dimanfaatkan pengguna di luar negeri, antara lain Transfer, Pembayaran, pembukaan Mandiri Tabungan Rencana, Investasi, Transfer Valas, Deposito, Top Up, Installment, Sukha, dan QR.

Bank Mandiri juga memiliki fitur Tabungan Multicurrency di mana nasabah dapat membuka tabungan untuk 10 mata uang asing. Sejak diluncurkan pada Agustus 2023 hingga kuartal I-2024, total rekening Tabungan Multicurrency yang dibuka melalui Livin’ by Mandiri mencapai sekitar 30 ribu rekening dengan total saldo mencapai sekitar Rp 950 miliar.

Bank Mandiri juga menghadirkan fitur terbaru, Mandiri Debit Multicurrency, untuk melengkapi rangkaian solusi valuta asing yang telah ada, yaitu Transfer Valas di Livin’ by Mandiri. Nasabah dapat melakukan transaksi menggunakan kartu debit di seluruh dunia tanpa terkena kurs dari Tabungan Multicurrency yang dimiliki.

“Dengan Mandiri Debit Multicurrency, transaksi internasional menjadi lebih mudah. Hal ini juga menjadi komitmen Bank Mandiri untuk memberikan solusi keuangan kepada masyarakat Indonesia,” kata Rohan.

Sementara itu, jumlah transaksi Transfer Valas di Livin’ untuk pengiriman uang ke luar negeri sejak peluncurannya pada Februari 2023 telah mencapai lebih dari 100 ribu transaksi dengan nilai lebih dari US$ 100 juta atau setara Rp 1,6 triliun. Melalui Transfer Valas di Livin, nasabah dapat mengirim uang ke 28 negara dengan 9 mata uang, dengan cepat, mudah, murah, dan aman menggunakan rekening sumber Rupiah maupun Valuta Asing.