Muncul Fenomena Orang Amerika Takut Panjang Umur, Mengapa?

by -23 Views
Muncul Fenomena Orang Amerika Takut Panjang Umur, Mengapa?

Jakarta, CNBC Indonesia – Manusia biasanya memiliki keinginan untuk hidup lebih lama dan takut akan kematian. Namun, di Amerika Serikat, keinginan tersebut ternyata berbanding terbalik. Mereka lebih memilih untuk hidup lebih pendek namun sehat.

Hal ini terungkap dari survei yang dilakukan oleh Medtronic and Morning Consult terhadap 2.200 orang dewasa di Amerika Serikat. Mayoritas responden menyatakan bahwa mereka tidak hanya mencari cara untuk hidup lebih lama, tetapi lebih fokus untuk hidup lebih sehat.

Pertanyaan dalam survei tersebut sederhana, yaitu apakah mereka lebih memilih hidup lebih pendek namun sehat atau hidup lebih lama dengan masalah kesehatan. Mayoritas, sebanyak 66%, memilih opsi pertama.

“Mereka menemukan bahwa orang Amerika sekarang percaya bahwa definisi dari usia panjang juga harus mempertimbangkan apakah seseorang bebas dari masalah kesehatan yang signifikan saat usia tua,” dikutip dari laporan CNBC Make It, Sabtu (4/5/2024).

62% responden juga setuju atau sebagian setuju bahwa mereka khawatir tidak akan sehat atau akan menderita jika hidup lebih lama. Lebih dari setengah responden percaya bahwa mereka akan menjadi beban bagi orang-orang yang mereka cintai jika mereka hidup lebih lama.

Harapan hidup rata-rata di AS adalah 73,5 tahun untuk pria dan 79,3 tahun untuk wanita, menurut data Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS. Sekitar 60% responden yang disurvei oleh Medtronic and Morning Consult percaya bahwa mereka tidak akan hidup sampai usia 90 tahun.

Kekhawatiran tambahan yang dimiliki orang tentang hidup lebih lama adalah tidak memiliki cukup uang untuk menjalani kualitas hidup yang diinginkan dan kurangnya waktu bersama orang yang mereka cintai di usia yang lebih tua.

Meskipun demikian, sekitar 75% responden masih berharap dapat hidup lebih lama dan sehat dengan perkembangan teknologi. Dr. Thomas Perls, seorang profesor kedokteran di Boston University Chobanian & Avedisian School of Medicine dan direktur New England Centenarian Study, mengungkapkan bahwa ada lima cara untuk hidup sehat dan panjang, yaitu mengelola tingkat stres, tidur yang cukup, makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari merokok.

“Beberapa orang berpikir bahwa semakin tua, semakin sakit, dan mereka tidak ingin hidup sampai usia tua. Itu alasan yang sangat keliru,” kata Perls kepada CNBC Make It pada tahun 2022. “Semakin tua, semakin sehat,” tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Video: Ekonomi AS Tumbuh 4,9% (Yoy) Sepanjang Q3-2023

(dce)