Prabowo Subianto Receives Congratulatory Call from US Defense Secretary After Being Declared President-Elect, Congratulates on Presidential Election Win

by -73 Views
Prabowo Subianto Receives Congratulatory Call from US Defense Secretary After Being Declared President-Elect, Congratulates on Presidential Election Win

Jakarta – Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, menerima ucapan selamat dari Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd J. Austin III, menyusul konfirmasinya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Austin memberikan ucapan selamat melalui panggilan telepon pada hari Rabu (24 April).

“Secretary Austin menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Biden kepada Menteri Prabowo atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Indonesia baru-baru ini,” menurut rilis pers dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Selama panggilan, Prabowo dan Austin membahas hubungan pertahanan AS-Indonesia, serta pandangan bersama tentang dinamika keamanan regional dan global. Mereka juga membicarakan potensi untuk memperdalam kerjasama pertahanan, termasuk modernisasi militer Indonesia.

Prabowo mengungkapkan rasa terima kasihnya dan menegaskan komitmen Indonesia untuk memajukan kemitraan erat dengan AS.

“Saya senang menerima panggilan hangat dari sahabat saya yang terhormat, Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd J. Austin III, yang memberikan ucapan selamat atas hasil pemilihan presiden,” kata Prabowo.

“Percakapan kita hari ini mencerminkan komitmen untuk memajukan kepentingan bersama dua negara besar kita. Saya berharap dapat memperkuat kemitraan kita dan bekerja sama secara erat dalam isu-isu strategis,” lanjutnya.

Austin juga menekankan pentingnya nilai bersama antara keduanya, yang mewakili demokrasi terbesar di dunia. Dia mengapresiasi keberhasilan Indonesia baru-baru ini dalam mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui pengudaraan.

Kesepakatan lain dari percakapan tersebut adalah komitmen untuk mempertahankan aturan dan norma internasional untuk menjaga wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Source link