Rusia, Pusat Produksi Militer, Terkena Banjir Terparah pada Tahun 2024

by -20 Views
Rusia, Pusat Produksi Militer, Terkena Banjir Terparah pada Tahun 2024

Pihak berwenang di wilayah Kurgan di pegunungan Ural Rusia telah memerintahkan evakuasi dari beberapa distrik pada Sabtu waktu setempat. Naiknya permukaan sungai disebabkan oleh salju besar yang mencair dan hujan lebat di tanah yang sudah tergenang sebelum musim dingin. Wilayah Ural di Rusia dan Kazakhstan utara saat ini sering mengalami banjir, namun banjir di Kurgan merupakan yang terburuk tahun ini. Pihak berwenang Kurgan melaporkan bahwa ketinggian air di sungai Tobol telah melampaui level tertinggi sejak tahun 1994.

“Mari kita kumpulkan barang-barang dan dokumen sekarang serta mencari tempat untuk hewan peliharaan,” kata pihak berwenang melalui aplikasi pesan Telegram pada Sabtu (20/4/2024) seperti yang dikutip dari Reuters.

Selain itu, pihak berwenang juga meminta masyarakat untuk segera meninggalkan daerah berbahaya tersebut. Kurgan merupakan rumah bagi bagian penting dari kompleks industri militer Rusia, yaitu pabrik raksasa yang memproduksi kendaraan tempur infanteri yang banyak diminati di Ukraina, di mana pasukan Rusia sedang melakukan serangan di beberapa daerah.

Meskipun demikian, belum ada laporan mengenai dampak banjir terhadap pabrik Kurganmashzavod. Kantor berita TASS yang mengutip layanan darurat mengatakan ketinggian air di Tobol diperkirakan mencapai puncaknya dalam dua hingga tiga hari ke depan.

Di wilayah lain yang terkena dampak banjir, seperti Orenburg, permukaan air telah mulai surut menurut pihak berwenang setempat. Kilang minyak Orsk, yang sebelumnya menghentikan produksinya karena banjir, kini telah melanjutkan produksi bahan bakar. Kilang tersebut sebelumnya telah menyatakan force majeure pada pasokan bahan bakar mulai 8 April.

Semoga bencana banjir di wilayah Kurgan dan sekitarnya segera mereda, dan masyarakat serta fasilitas industri dapat pulih dengan cepat.