Indikator Politik Ungkap Masyarakat Jawa Cenderung Coblos Prabowo Subianto-Gibran di Pilpres

by -93 Views
Indikator Politik Ungkap Masyarakat Jawa Cenderung Coblos Prabowo Subianto-Gibran di Pilpres

Jakarta – Indikator Politik Indonesia telah merilis hasil exit poll Pilpres 2024 yang menunjukkan bahwa masyarakat etnis Jawa cenderung memilih pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Gibran, dalam pemilihan umum 14 Februari 2024 yang lalu.

“Menurut survei tersebut, dari Daftar Pemilih Tetap (DPT), sekitar 43,2% pemilih etnis Jawa hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS), diikuti oleh etnis Sunda sebesar 17,1% dan etnis-etnis nasional lainnya,” ujar peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam rilis Exit Poll Pilpres 2024: Basis Demografi dan Perilaku Pemilih yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (21/2/2024).

Burhanuddin juga menjelaskan bahwa kehadiran pemilih etnis Jawa sebesar 43,2% di TPS menarik perhatian karena data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa jumlah etnis Jawa sekitar 43%.

“Dapat disimpulkan bahwa orang Jawa cenderung menggunakan hak pilihnya, termasuk juga etnis Sunda dan lainnya. Secara keseluruhan, pemilih dari etnis Jawa yang cenderung mendukung Prabowo-Gibran berdasarkan survei sebelum pemilu, memilih untuk mencoblos pasangan ini,” tambah Burhanuddin.

Exit poll dilakukan di 3.000 TPS di seluruh daerah pemilihan, dengan sampel dipilih menggunakan metode stratified two-stage random sampling. Sebanyak 2.975 responden diwawancarai, dengan tingkat toleransi kesalahan atau margin of error sebesar +/- 1,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Exit poll sendiri adalah metode untuk mengukur opini publik yang dilakukan sesaat setelah pemilih keluar dari bilik suara di TPS. Biasanya, pertanyaan yang diajukan dalam exit poll tidak terlalu banyak, namun informasi yang didapat dari exit poll termasuk alasan memilih sehingga distribusi suara pemilih dapat lebih dipahami. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/indikator-politik-ungkap-masyarakat-jawa-cenderung-coblos-prabowo-subianto-gibran-di-pilpres/

Source link