Pentingkan Persatuan, Pengamat Sebut Pernyataan Penutup Prabowo Dapat Rangkul Pemilih yang Ragu

by -80 Views
Pentingkan Persatuan, Pengamat Sebut Pernyataan Penutup Prabowo Dapat Rangkul Pemilih yang Ragu

Jakarta – Pengamat politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago menganggap bahwa calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto lebih condong kepada persatuan dan kerukunan menjelang pilpres 2024 saat debat terakhir yang diselenggarakan oleh KPU pada Minggu (4/2).

Arifki menyatakan bahwa hal tersebut terlihat dalam pernyataan penutup Prabowo yang meminta maaf kepada semua pasangan calon jika selama kampanye terdapat kata-kata atau perbuatan yang kurang menyenangkan.

“Prabowo lebih menekankan narasi persatuan dan kerukunan, yang pertama Pak Prabowo meminta maaf kepada semua pasangan calon,” kata Arifki kepada wartawan, Senin (5/2).

Menurutnya, Prabowo juga menunjukkan sikap ingin merangkul dan memimpin seluruh masyarakat Indonesia, termasuk yang tidak memilihnya saat pemilu.

“Pada sisi lain, Pak Prabowo juga ingin merangkul baik itu yang tidak memilih atau yang mendukungnya. Karena memang Pak Prabowo mengakui bahwa tiga pasangan calon merupakan putra terbaik bangsa dan debat telah berakhir,” jelasnya.

“Pesan persatuan dan juga kerukunan ini lebih penting karena memang pilpres tinggal beberapa hari lagi, ini adalah pesan yang ingin disampaikan oleh Pak Prabowo,” tambahnya.

Pesan persatuan yang disampaikan Prabowo, kata Arifki, juga mampu membawa keuntungan secara elektoral bagi Pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut. Sebab, nilai persatuan yang digaungkan juga berarti mengajak pemilih yang masih ragu-ragu dalam menjatuhkan pilihannya.

“Selain menunjukkan nilai persatuan, pada satu sisi hal ini juga menjadi menarik ketika pesan tersebut sampai pada pemilih 01 atau pun 03 yang mungkin masih ragu-ragu dengan narasi yang disampaikan oleh kubu lawan. Ketika pemilih yang ragu-ragu ini memilih jalur aman, secara elektoral akan menguntungkan bagi Pak Prabowo,” ungkapnya. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/pentingkan-persatuan-pengamat-sebut-pernyataan-penutup-prabowo-dapat-rangkul-pemilih-yang-ragu/

Source link