Tantangan Strategis Bangsa: Tantangan Strategis Global [Meningkatnya Populasi]

by -43 Views
Tantangan Strategis Bangsa: Tantangan Strategis Global [Meningkatnya Populasi]

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku Strategi Transformasi Bangsa]

Meningkatnya Populasi

Dengan hampir 280 juta penduduk, Indonesia saat ini adalah negara nomor 4 dengan penduduk terbanyak di dunia.
Namun dengan pertumbuhan penduduk 1,1% per tahun, dalam waktu dekat posisi Indonesia akan tergantikan oleh Nigeria yang jumlah penduduknya akan lebih banyak dari kita.
Diperkirakan di tahun 2045, jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 324 juta jiwa. Ini artinya dalam 20 tahun akan ada tambahan 44 juta jiwa – hampir sama dengan ketambahan satu provinsi Jawa Barat baru.
Dengan meningkatnya jumlah penduduk dunia dan Indonesia, dibutuhkan tambahan 56% produksi pangan untuk memenuhi kebutuhan 10 miliar populasi dunia di 2050. Untuk memenuhi tambahan kebutuhan ini, dibutuhkan luas lahan pertanian tambahan setara 2x dari luas negara India. Pemenuhan pangan untuk semua akan sangat menantang.
Dengan pertumbuhan penduduk dan perubahan iklim, negara-negara akan semakin memprioritaskan produksi pangan untuk kebutuhan sendiri. Artinya kebutuhan Indonesia untuk swasembada pangan semakin urgen.
Tidak hanya itu, kita juga harus menyediakan lapangan kerja, sekolah, rumah sakit, sanitasi, rumah, dan segala infrastruktur pendukung lainnya agar seluruh penduduk Indonesia dapat hidup dengan layak. Ini bukan hal yang mudah.

Sumber: https://prabowosubianto.com/tantangan-strategis-global-meningkatnya-populasi/

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *