Bukti Kegiatan Genosida Israel di Laut Merah Meningkat Jadi Perhatian Utama

by -22 Views
Bukti Kegiatan Genosida Israel di Laut Merah Meningkat Jadi Perhatian Utama

Jakarta, CNBC Indonesia – Serangan Israel di Gaza masih terus berlanjut. Perdana Menteri (PM) Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim al Thani bahkan memperingatkan bahwa jika perang Israel di Gaza tidak segera berakhir, akan muncul risiko konflik regional yang lebih besar.

Berikut perkembangan terkini situasi di Gaza, seperti dihimpun CNBC Indonesia dari berbagai sumber pada Kamis (1/2/2024).

PM Qatar Peringati Serangan Israel
Selama kunjungannya ke AS, PM Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim al Thani berbicara tentang peran negaranya dalam memediasi kesepakatan antara Israel dan Hamas.

“Saya pikir kita semua harus bersatu untuk menghentikan perang ini, menyelamatkan nyawa, menyelamatkan anak-anak dan perempuan dari pembunuhan dan kejaran serta pemboman dengan serangan udara, tank, dan apa pun,” katanya dalam wawancara dengan NPR, seperti dilansir Al Jazeera.

Dia juga menambahkan bahwa dia tidak yakin kapan kesepakatan akan tercapai. “Itu semua tergantung pada kedua belah pihak,” tambahnya.

Ia juga memperingatkan bahwa jika perang tidak segera berakhir, risiko konflik regional yang lebih besar akan semakin besar.

Pengajuan Petisi Terhadap Netanyahu
Sembilan orang, termasuk mantan panglima militer Moshe Ya’alon dan Dan Halutz, telah mengajukan petisi ke Mahkamah Agung Israel untuk mengajukan dakwaan terhadap PM Netanyahu. Hal ini dilaporkan oleh Haaretz.

Para pembuat petisi mengatakan bahwa Netanyahu memegang posisi perdana menteri, meski memiliki tuntutan pidana, merupakan konflik kepentingan.

Pemukim Israel Serbu Kompleks Masjid Al-Aqsa
Kantor berita Palestina Wafa melaporkan bahwa puluhan pemukim Israel di bawah perlindungan polisi telah menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki. Saksi mata mengatakan mereka masuk dalam kelompok terpisah dan melakukan tur tiruan melalui halaman masjid.

Pemukim Israel Cegat Truk Bantuan Gaza
Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan pemukim Israel memeriksa truk di pelabuhan Asdod Israel dan hanya mengizinkan mereka yang tidak membawa bantuan ke Gaza. Dalam beberapa minggu terakhir, pengunjuk rasa Israel telah menghentikan truk bantuan memasuki Gaza.

Kuburan Massal Ditemukan di Gaza Utara
Kuburan massal tahanan Palestina yang diborgol, ditutup matanya dan dibuang ke tempat sampah ditemukan di sebuah sekolah di Gaza utara. Ini adalah bukti yang mendukung keputusan ICJ bahwa ada risiko Israel melakukan genosida di jalur yang terkepung, kata manusia Palestina.