Eks Bos Intel Israel Mengungkapkan Perkembangan Terkini di Gaza dan Dosa Netanyahu

by -43 Views
Eks Bos Intel Israel Mengungkapkan Perkembangan Terkini di Gaza dan Dosa Netanyahu

Eskalasi di wilayah Gaza, Palestina, terus meningkat. Hal ini disebabkan oleh serangan Israel di wilayah tersebut dengan dalih sedang menghancurkan milisi Hamas, yang sebelumnya menyerbu Israel Selatan pada 7 Oktober 2023.

Berikut perkembangan terkini yang berhasil dihimpun CNBC Indonesia dari berbagai sumber, Jumat (26/1/2024):

1. Pembacaan Pengadilan Internasional (ICJ)
Mahkamah Internasional (ICJ) yang terdiri dari 15 hakim akan segera membacakan keputusan atas pengajuan Afrika Selatan yang menuduh Israel melakukan genosida di Gaza. Para hakim saat ini berasal dari berbagai negara dan sedang menjabat selama sembilan tahun.

2. Mantan Bos Intel Israel Soal Netanyahu
Lebih dari 40 mantan pejabat senior keamanan nasional Israel, ilmuwan terkenal, dan pemimpin bisnis terkemuka telah mengirim surat kepada presiden dan ketua parlemen Israel menuntut agar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dicopot dari jabatannya.

3. Jokowi Beri Titah Soal Israel
Presiden Joko Widodo menentang keras pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terkait tidak adanya masa depan bagi solusi dua negara dalam isu Israel-Palestina. Jokowi juga mengutuk keras serangan Israel terhadap kamp pengungsi Khan Younis di Gaza.

4. Hamas Bicara Gaza ‘Zona Baru’ Israel
Hamas merespon rencana Israel untuk menciptakan zona penyangga di sepanjang perbatasannya dengan Gaza dengan kemarahan, menyebut rencana tersebut merupakan “kejahatan” dan tindakan “agresi terang-terangan” terhadap rakyat Palestina.

5. CIA Buka-Bukaan Soal Israel-Hamas Damai
Bill Burns, direktur CIA, diperkirakan akan bertemu dengan para pejabat dari Israel, Mesir, dan Qatar untuk membahas kesepakatan pembebasan sisa sandera yang ditahan oleh Hamas.

6. Perang Meluas, China Turun Tangan
Pejabat China telah meminta rekan-rekan mereka di Iran untuk menekan pemerintahan Teheran agar dapat mengendalikan serangan kelompok Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah, terkait dengan perang Israel dan Gaza.

Eskalasi di Gaza, Palestina, belum menunjukkan tanda-tanda mereda dan masih menjadi perhatian internasional yang mendalam.