Houthi melawan AS, Iran melawan Pakistan

by -43 Views
Houthi melawan AS, Iran melawan Pakistan

KONFLIK memanas di Timur Tengah. Rangkaian kekerasan dimulai dari Israel vs Hamas Palestina di Gaza, kemudian Hizbullah Yaman vs Amerika Serikat (AS) serta Inggris di Laut Merah. Iran menambah musuh dengan menyerang wilayah basis teroris di Irak, Suriah, dan Pakistan. Berikut perkembangan perang Israel vs Hamas yang meluas ke banyak negara, dari berbagai sumber, Kamis (18/1/2024).

Serangan Israel di Gaza memasuki hari ke-104, setidaknya 16 warga Palestina, termasuk anak-anak, tewas dalam penembakan Israel terhadap sebuah rumah di timur Rafah semalam. Militer Israel mengklaim telah membunuh 60 pejuang Palestina dalam 24 jam terakhir. Pasukan Israel menarik diri dari Gaza pada hari Senin, namun serangan mereka tidak berhenti, dan banyak warga Palestina yang terbunuh setiap hari.

AS meminta para pemimpin Israel untuk memulihkan telekomunikasi di Gaza yang terkepung setelah pemadaman listrik selama seminggu. Iran melancarkan serangan rudal terhadap Suriah dan wilayah Kurdistan Irak. Pada selasa (17/1/2024) malam, Iran mengirim rudal ke Pakistan dan Pakistan menarik duta besarnya dari Teheran sekaligus melancarkan serangan udara ke Iran pada Kamis (18/12/2024), dan menyebabkan 9 orang tewas.

Pasukan AS dan Inggris kembali melancarkan serangan ke milisi Houthi di Laut Merah pada Rabu (17/1/2024) malam. Menurut laporan, serangan AS dan Inggris mencapai beberapa sasaran di Yaman. Garda Revolusi Iran menolak gagasan AS untuk meredakan pertempuran dengan Israel, serta menyerang kapal-kapal di Laut Merah.