Jokowi Rencanakan Pembangunan Rest Area Baru di Tol Merak untuk Persiapan Arus Mudik

by -90 Views
Jokowi Rencanakan Pembangunan Rest Area Baru di Tol Merak untuk Persiapan Arus Mudik

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan rapat dengan Presiden Joko Widodo terkait persiapan Idul Fitri dan Lebaran di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (16/1/2024). Salah satu persiapan yang akan dilakukan pemerintah adalah pembangunan rest area di jalur mudik.

“Mengenai persiapan libur Idul Fitri lebaran, salah satunya adalah pembangunan rest area di kilometer 97, (Tol) Jakarta – Merak,” kata Muhadjir kepada wartawan, Selasa (16/1/2024).

Rest area tersebut akan dijadikan buffer zone atau tempat penyangga untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di tol. Selain itu, pemerintah juga melakukan persiapan pelebaran jalan ke arah Pelabuhan Jangkar di Situbondo, serta menerapkan rute kapal ferry Situbondo – Lombok.

Muhadjir juga menyebutkan bahwa belum ada perhitungan lonjakan pemudik yang akan terjadi pada libur lebaran tahun ini, namun dipastikan akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Bulan Ramadhan tahun ini diperkirakan jatuh pada pekan kedua Maret 2024, sedangkan hari raya Idul Fitri diperkirakan jatuh pada 10 April 2024 atau 11 April 2024, tergantung hasil sidang Isbat yang diselenggarakan pemerintah.