Bledug Kuwu di Jawa Tengah Ternyata Menyimpan Lithium yang Dicari oleh Dunia, Jumlahnya Tidak Main-main

by -55 Views
Bledug Kuwu di Jawa Tengah Ternyata Menyimpan Lithium yang Dicari oleh Dunia, Jumlahnya Tidak Main-main

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan adanya potensi lithium di Indonesia yang teridentifikasi di wilayah Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah. Plt Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Muhammad Wafid mengatakan bahwa pihaknya tengah mencari potensi lithium di Indonesia, salah satunya di Bledug Kuwu.

Wafid mengungkapkan bahwa potensi lithium di Bledug Kuwu berupa brine water atau lumpur air yang dapat menghasilkan kadar lithium setelah dikeringkan. Dengan potensi di Bledug Kuwu mencapai 1.000 PPM.

Pemerintah berharap temuan cadangan lithium ini dapat membantu Indonesia menjadi produsen utama baterai dunia. Menko Marves Luhut menyatakan bahwa pemerintah menemukan cadangan lithium dengan jumlah besar di Indonesia yang dapat memecahkan masalah dalam produksi baterai di dalam negeri.

Luhut belum mau membeberkan lokasi cadangan lithium di Indonesia, namun mengatakan temuan ini dapat membantu Indonesia dalam produksi baterai dengan mengandalkan cadangan nikel. Hal ini diharapkan dapat membuat Indonesia menjadi raja baterai dunia.