Rangkaian Prestasi PLN di Acara Internasional Tahun 2023

by -50 Views
Rangkaian Prestasi PLN di Acara Internasional Tahun 2023

PT PLN (Persero) berperan aktif dalam mendukung penyelenggaraan berbagai event internasional di Indonesia sepanjang tahun 2023. PLN berhasil menyediakan pasokan listrik yang andal dan selalu siap sedia dengan personel yang selalu bersiaga.

Beberapa event internasional yang berhasil disukseskan oleh PLN antara lain Formula E, MotoGP Mandalika, World Superbike, World Surf League (WSL) 2023, FIBA World Cup, FIFA World Cup U-17, KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum, dan World Hydropower Congress di Nusa Dua, Bali.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan bahwa PLN berkomitmen penuh mendukung penyelenggaraan semua event internasional di Indonesia untuk menjaga kehormatan Indonesia di mata dunia internasional.

PLN memastikan keandalan pasokan listrik mulai dari kesiapan pembangkit, transmisi, distribusi, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), pengerahan genset, kesiapan personel, hingga menyiapkan skema alternatif dalam kondisi darurat. Untuk event balapan internasional, PLN mendukung ajang Formula E 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) dengan total daya listrik yang dipasok mencapai 3.876 kilo Volt Ampere (kVA) dan didukung oleh enam subsistem dengan total kapasitas sebesar 8.848 Megawatt (MW).

PLN juga menyediakan pasokan listrik yang andal saat gelaran MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB). PLN juga menyiapkan skema pengamanan kelistrikan berlapis di titik-titik venue utama maupun pendukung dengan menyiagakan ratusan personel.

PLN juga menyiapkan sistem kelistrikan dengan daya mampu pembangkit mencapai 1.514 megawatt (MW) dan 575 personel siaga saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Bali pada Oktober 2023.

Event lainnya yang didukung PLN adalah FIBA Basketball World Cup 2023 hingga FIFA World Cup U-17 2023. PLN memastikan kelistrikan penyelenggaraan mulai pembukaan, setiap pertandingan hingga penutupan.

Direktur Utama PLN, Darmawan, memberikan apresiasi kepada insan PLN yang telah bekerja keras dalam menyukseskan berbagai event internasional sepanjang 2023. PLN akan terus meningkatkan kinerja dalam membantu pemerintah untuk menunjukkan bahwa Indonesia bisa lebih terlihat di mata dunia.