Adik Prabowo Mendukung Konservasi Orangutan di Pulau Khusus di IKN

by -88 Views
Adik Prabowo Mendukung Konservasi Orangutan di Pulau Khusus di IKN

Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) atau Yayasan Hashim Djojohadikusumo, adik Prabowo Subianto, akan menggarap proyek hijau di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Proyek hijau tersebut berupa pengembangan pulau khusus untuk konservasi Orang Utan di wilayah IKN. Proyek tersebut diberi nama Pulau Suaka Orang Utan yang groundbreaking-nya akan dimulai pada Januari-Februari 2024.

Menurut Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono, nilai proyek baru dapat diumumkan jelang pelaksanaan groundbreaking. Keterlibatan YAD dalam proyek ini telah terjalin sejak lama, terutama dalam menjaga keberlanjutan populasi orangutan di wilayah IKN.

Proyek YAD juga sejalan dengan visi IKN yang mencakup penguatan keanekaragaman hayati, bukan hanya pembangunan kota modern. Yayasan Arsari Djojohadikusumo merupakan pengembangan dari kegiatan sosial pribadi yang dilakukan oleh Keluarga Hashim Djojohadikusumo sejak 20 tahun yang lalu. Pada tahun 2009, Yayasan Keluarga Hashim Djojohadikusumo diubah namanya menjadi Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD), yang merupakan akronim dari tiga putra-putri Hashim Djojohadikusumo, yaitu Aryo, Sara, dan Indra.