Rencana 10 Kota Inovasi Mandiri: Visi Masa Depan Digital Indonesia oleh Prabowo-Gibran

by -25 Views
Rencana 10 Kota Inovasi Mandiri: Visi Masa Depan Digital Indonesia oleh Prabowo-Gibran

Pada konferensi dan pertemuan terkini di Indonesia Digital Summit 2023, Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, mengungkap rencana pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, untuk mengembangkan 10 kota inovasi mandiri yang menjadi pusat hilirisasi digital di Indonesia.

“IKN (Ibu Kota Nusantara) bersama sembilan kota lainnya, kota-kota yang bekerja sama dengan sektor swasta, akan didorong menjadi kota-kota inovasi mandiri,” ungkap Budiman Sudjatmiko, dalam sebuah pernyataan setelah menghadiri Konsolidasi Nasional Relawan Prabowo-Gibran Digital Crew di Jakarta pada Rabu, tanggal 28 November 2023.

Pengembangan IKN tidak hanya ditujukan sebagai integrator menuju Indonesia yang bukan hanya Pulau Jawa, tetapi juga sebagai agregator di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “IKN adalah wajah masa depan Indonesia,” tambahnya.

Konsep hilirisasi digital yang diusung mencakup penggunaan teknologi sehari-hari seperti aplikasi dan perangkat, seperti gawai dan laptop computer, yang diharapkan dapat diproduksi di Indonesia.

Papua, salah satu kota inovasi mandiri yang akan dibangun, dianggap cocok untuk industri satelit. “Di Papua, nanti bisa untuk industri satelit karena di sana adalah sebuah tempat terutama di daerah Biak, itu adalah tempat peluncuran satelit yang bagus,” jelas Budiman.

Budiman juga menekankan minat dari negara sahabat yang tertarik berinvestasi di wilayah tersebut karena letak geografisnya yang strategis. “Banyak negara mengincar wilayah itu (Biak), karena itu syaratnya dekat untuk bisa meng-cover seluruh dunia,” ungkapnya.

Selain IKN dan Papua, Prabowo-Gibran telah menetapkan delapan kota lainnya di Pulau Jawa dan Sumatera sebagai kota inovasi mandiri yang akan membantu merealisasikan konsep hilirisasi digital.

Rencana pembangunan kota-kota inovasi ini sejalan dengan visi masa depan digital Indonesia yang dicanangkan pasangan Prabowo-Gibran. Pada suatu Rakorda di Kalimantan Barat, pentingnya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser, Kalimantan Timur, diutarakan sebagai bagian dari upaya meningkatkan ekosistem digital.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran, Maman Abdurrahman, menegaskan komitmen mereka dalam memajukan pertumbuhan IKN. Maman menyatakan bahwa tim Prabowo-Gibran adalah yang paling komitmen dalam mengatasi beban Jakarta, termasuk polusi udara dan kemacetan lalu lintas yang belum dapat diatasi oleh pemerintah kota.

Sugiono dari Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran menambahkan bahwa pasangan tersebut berkomitmen pada kemajuan Indonesia, termasuk penyelesaian proyek infrastruktur yang telah diinisiasi Presiden Joko Widodo, termasuk pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Rencana pembangunan 10 kota inovasi mandiri ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam mengejar perkembangan digital Indonesia, menghadapi tantangan world, serta memastikan Indonesia relevan dalam ranah sosial, ekonomi, dan budaya di masa depan.

Berikut rencana 10 kota inovasi tersebut:
IKN – industri genome & nanotechnology
Sumatra 1 – industri chips & neuroscience
Sumatra 2 – industri IOT & sensors
Jawa 1 – industri AI & teknologi komputasi
Jawa 2 – industri cellular gadgets & VR/AR
Jawa 3 – industri robotics & autonomous autos
Bali – industri human pc interface & social media
Sulawesi – industri biotechnology & agricultures
Maluku – power storage industries
Papua – industri satellite tv for pc & connectivity. (SENOPATI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *