PT KCI ingin menambah 24 perjalanan KRL di Malam Tahun Baru

by -24 Views
PT KCI ingin menambah 24 perjalanan KRL di Malam Tahun Baru

Jakarta, CNBC Indonesia – PT KAI Commuter Indonesia (KCI) menyatakan pihaknya tidak akan mengurangi perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) selama momen libur Natal dan Tahun Baru, melainkan ada penambahan perjalanan dengan kereta Bandara atau Basoetta sebanyak 56 perjalanan.
“Kami tidak akan mengurangi perjalanan, walaupun sebenarnya di Jabodetabek itu kalau libur trennya turun. Jadi Untuk perjalanannya tetap kita jalankan 1.100 perjalanan, nanti ditambah dengan kereta basoetta 56 perjalanan,” kata Corporate Secretary PT KCI Anne Purba dalam Konferensi Pers Rencana Operasi Angkutan Nataru KAI, Rabu (20/12/2023).

Selain itu, Anne mengatakan pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta terkait rencana penambahan 24 perjalanan khusus untuk di kegiatan malam pergantian tahun 2024.

“Kami sudah menyiapkan 24 perjalanan tambahan ketika ada kegiatan pergantian tahun. Ini sudah kami rekayasa, sehingga ketika memang DKI Jakarta membutuhkan alat transportasi di pergantian tahun itu kami sudah siap dengan 24 perjalanan,” ujarnya.

Meski demikian, rencana tersebut masih belum diputuskan, pihak KCI masih akan melihat dulu potensi kasus covid-19 kedepannya. Akan tetapi jika memang harus dijalankan 24 perjalanan tambahan tersebut KCI mengaku siap.

“Tapi kita kan juga melihat potensi covid juga naik, jadi kami memang berkoordinasi terus dengan stakeholder mengenai rekayasa pola operasi kami khususnya di malam tahun baru dan libur nataru ini,” lanjutnya.

Sementara untuk jadwal perjalanannya, kata Anne, nantinya akan dipublish setelah pihaknya dapat memastikan kegiatan di pergantian malam tahun baru di DKI Jakarta.

“Mengenai jadwalnya dan kepastiannya, pasti kami akan publish setelah nanti kami memastikan kegiatan yang ada di area DKI Jakarta,” ucapnya.

Adapun dari 1.100 jumlah perjalanan yang disiapkan di momen libur nataru ini, kata Anne, kapasitas angkut per hari nya bisa untuk mengangkut 1,8 juta sampai dengan 2 juta penumpang per hari.

“Kemudian kami prediksi untuk libur ini kita bisa mampu lebih dari 500 ribu orang per harinya. Karena kita melihat di hari libur saat ini, Sabtu dan Minggu sebenarnya sudah di atas 600 ribu untuk volume penumpang per harinya. Sementara di hari biasa itu sudah di atas 900 ribu. Bahkan, volume tertinggi kita bisa mencapai 980 ribu dalam satu hari,” ucapnya.

Lebih lanjut, di momen libur Nataru ini Anne memprediksi keramaian penumpang akan terjadi di stasiun-stasiun seperti Bogor, Jakarta Kota, Tanah Abang, Lenteng Agung, dan Pasar Minggu.
“Stasiun (tersebut) menjadi yang akan lebih banyak dikunjungi oleh pengguna jasa KRL khususnya yang musiman, karena ini area yang dekat dengan tempat wisata,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Permak & Beli KRL Baru, KAI Minta Disuntik Modal Rp 2 T
(wur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *