Brigjen TNI Nugraha Gumilar Diangkat Menjadi Kapuspen oleh Panglima TNI

by -125 Views
Brigjen TNI Nugraha Gumilar Diangkat Menjadi Kapuspen oleh Panglima TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto telah mengangkat Brigjen TNI Nugraha Gumilar sebagai Kepala Pusat Penerangan TNI. Nugraha menggantikan Laksda TNI Julius Widjojono yang kini menjadi Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Laut.

Mutasi tersebut tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/1470/XII/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang diterbitkan pada 18 Desember 2023.

Saat ini, Nugraha menjabat sebagai Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Kamteror. Ia lahir di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 23 Januari 1968 dan pernah menjabat sebagai Komandan Politeknik Angkatan Darat Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AD.

Selain itu, terdapat juga pergantian jabatan lainnya, antara lain Marsdya Donni Ermawan yang dimutasi dari jabatan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun. Laksdya Maman Firmansyah juga dimutasi dari Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI, sementara Letjen Eko Margiyono yang sebelumnya menjabat Dankodiklat TNI kini bertukar jabatan dengan Maman.

Terjadi juga pergantian jabatan lainnya seperti penunjukan Mayjen Widi Prasetijono sebagai Dankodiklatad, dan Laksda Julius Widjojono yang dimutasi dari Kapuspen TNI menjadi Staf Khusus KSAL. Penggantinya adalah Brigjen Nugraha Gumilar yang sebelumnya Pa Sahli TK.II KSAD Bidang Kamteror.

Bobby Rinal Makmun ditunjuk menjadi Pangdam XIV/Hasanuddin, sementara pejabat lama yakni Mayjen Totok Imam dimutasi menjadi Direktur Pascasarjana Unhan. Jabatan yang ditinggalkan Tandyo kemudian diisi oleh Mayjen Zainul Arifin yang sebelumnya adalah Staf Ahli Menhan Bid Keamanan.

Selain itu, tertulis juga bahwa Artikel Selanjutnya, Komisi I Setujui Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI.

Selesai
[miq/miq]