Pertamina dan JOGMEC bekerjasama untuk mempercepat transisi energi

by -380 Views
Pertamina dan JOGMEC bekerjasama untuk mempercepat transisi energi

PT Pertamina (Persero) dan Japan Organization for Metals and Energy Security (JOGMEC) telah melakukan kolaborasi untuk mempercepat transisi energi di Indonesia. Mereka akan melakukan pengukuran dan penaksiran emisi metana di fasilitas produksi gas alam di Indonesia.

Berdasarkan Nota Kesepahaman (MoU) ini, keduanya akan merumuskan proyek untuk pengukuran emisi metana dan menghitung intensitas karbon (CI) dari operasi hulu, untuk membentuk sistem manajemen emisi metana. Implementasi awal akan dilakukan di area hulu Pertamina, yaitu Donggi Matindok dan Joint Operating Body Tomori (JOB Tomori) di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia.

Kolaborasi strategis ini diresmikan pada ASEAN-Japan Economic Co-Creation Forum. Ini menandakan komitmen dari kedua entitas ini untuk mengatasi masalah emisi metana di sektor energi.

Penandatanganan MoU selama pertemuan Pemimpin Asia Zero Emission Community (AZEC) menegaskan komitmen kedua belah pihak untuk melaksanakan kolaborasi ini. Pertemuan Pemimpin AZEC yang diselenggarakan pada 18 Desember 2023, memfasilitasi diskusi lebih lanjut mengenai kerja sama dalam platform AZEC di antara Perdana Menteri negara mitra AZEC.

Sebelumnya, Forum ASEAN-Japan Economic Co-Creation pada 16 Desember 2023, berfokus pada pengembangan dan percepatan kerja sama nyata dalam proyek co-creation di AZEC dan kemungkinan bisnis masa depan, termasuk dekarbonisasi dan transisi energi.