Sri Mulyani Membicarakan Setoran Bea Cukai yang Turun Drastis

by -23 Views
Sri Mulyani Membicarakan Setoran Bea Cukai yang Turun Drastis

Pemerintah mencatat penerimaan kepabeanan dan cukai sebesar Rp 256,5 triliun hingga 12 Desember 2023. Penerimaan ini mencapai 85,5% dari target Perpres No.75 Tahun 2023 yang mencapai Rp 300 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan penerimaan kepabeanan dan cukai ini mengalami kontraksi 11,7%, terutama berasal dari bea keluar ekspor RI.

“Ini terutama berasal dari bea keluar ekspor-ekspor kita, apakah yang mengalami pelarangan ekspor dengan hilirisasi atau permintaan ekspor global yang melemah. Itu tercermin dari penerimaan kepabeanan,” kata Sri Mulyani dalam APBN Kita, Jumat (15/12/2023).

Sementara itu, penerimaan cukai sangat dipengaruhi oleh faktor cukai rokok atau cukai hasil tembakau (CHT). Pada pertengahan tahun, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, telah memangkas target penerimaan bea cukai untuk outlook 2023 hanya sebesar 99 persen atau menjadi Rp 300,1 triliun dari Rp303 triliun.

DJBC mengungkapkan penurunan penerimaan ini dipengaruhi bea keluar yang turun sampai 80%, karena harga komoditas yang turun rendah dan turunnya penerimaan cukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *