Perubahan Tarif LRT Jabodebek saat Weekend dan Hari Libur menjadi seperti ini

by -159 Views
Perubahan Tarif LRT Jabodebek saat Weekend dan Hari Libur menjadi seperti ini

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan memberlakukan tarif promo LRT Jabodebek menjelang libur Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Tarif promo ini diatur melalui Keputusan Direktur Jenderal Perkeretaapian Nomor: KP-DJKA 266 Tahun 2023 tentang Perubahan Ketiga Atas Keputusan Direktur Jenderal Perkeretaapian Nomor KP-DJKA 147 Tahun 2023 tentang Tarif Promo Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

Divisi LRT Jabodebek PT. Kereta Api Indonesia @lrtjabodebek mengumumkan di media sosial Twitter bahwa tarif promo weekend dan hari libur nasional LRT Jabodebek adalah Rp 3.000 untuk jarak terdekat dan Rp 10.000 untuk jarak terjauh. Untuk tarif per kilometer, tarifnya adalah Rp 3.000 (1 km pertama) + Rp 700 (setiap km selanjutnya) dengan maksimal tarif Rp 10.000. Skema tarif promo ini mulai berlaku sejak 1 Desember 2023, baik di akhir pekan maupun pada hari kerja.

Setelah penerapan promo, LRT Jabodebek mencatat bahwa total jumlah penumpang selama periode 1-7 Desember 2023 mencapai 218.607 orang. Jumlah ini naik 10% dibandingkan dengan periode yang sama bulan sebelumnya sebelum adanya tarif promo. Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono mengatakan bahwa kenaikan jumlah penumpang tersebut disebabkan oleh penambahan jumlah perjalanan dan penerapan tarif promo terbaru.

Mahendro juga menyatakan bahwa peningkatan ini menunjukkan minat dan kepercayaan yang meningkat terhadap layanan LRT Jabodebek. Tarif promo ini diharapkan dapat memberikan respon positif dari masyarakat dan mengundang minat lebih banyak orang untuk menggunakan layanan LRT Jabodebek.