Anies Lebih Memilih Opsi Lain Di Bidang Pangan Daripada Program Food Estate yang Didukung Jokowi

by -136 Views

Pesta demokrasi akan segera dilaksanakan. Semua pasangan calon presiden memiliki visi misi masing-masing terhadap hal yang ingin dilakukan jika terpilih nantinya. Dalam hal pangan, capres nomor urut 1 Anies Baswedan akan memilih program contract farming dibandingkan dengan food estate saat kampanye di Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Anies menyebut, program food estate membuat dana tidak diterima oleh rakyat, melainkan oleh korporasi. Menurutnya, sentra-sentra pertanian yang saat ini dilakukan dijadikan sebagai mitra, baik BUMN, BUMD, maupun swasta. Dengan demikian produk pertanian langsung bisa diambil oleh masyarakat yang membutuhkan melalui badan-badan usaha itu.

Anies mengungkapkan, padahal dana itu seharusnya bisa diterima langsung oleh rakyat. Jika yang diberikan untuk contract farming, maka yang menerima rakyat yang selama ini bekerja sesuai volume produksi.

Selain itu, Anies mengatakan jika terpilih nanti, dia akan mengubah kebijakan terkait tata niaga pangan. Pemerintah akan mendorong investasi dilakukan di sektor yang mudah menyerap tenaga kerja.