Parpol Tersangka Pemakaian Dana untuk Beli Alat Kampanye dari Luar Negeri, UMKM Terdampak Hingga Sepi

by -126 Views
Parpol Tersangka Pemakaian Dana untuk Beli Alat Kampanye dari Luar Negeri, UMKM Terdampak Hingga Sepi

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan bahwa pemilu atau pilpres tahun ini, tidak memberikan banyak manfaat bagi para pelaku usaha UMKM. Terutama produsen bendera, kaos, hingga alat peraga kampanye lainnya.
Dia mengklaim, sudah mengunjungi berbagai sentra produksi alat peraga hingga asosiasi konveksi untuk meninjau pengaruh pemilu atau pilpres terhadap permintaan produksi mereka. Namun, hingga kini kata dia belum ada pesanan dari para peserta pemilu.
“Tidak ada pesanan dari semua partai, kecuali dari caleg,” kata Teten.
Teten menduga, partai-partai peserta pemilu selama ini memesan alat peraga kampanye dari luar negeri atau impor, karena penawaran harganya yang dia duga lebih murah. Akibatnya, pesanan di dalam negeri pun kini nihil.
Dia belum bisa menunjukkan data lonjakan impor alat peraga yang menjadi basis perkiraan penyebab sepinya pesanan alat peraga kampanye di dalam negeri, namun dia memastikan bahwa pesanan di lapangan setelah ditinjau memang tidak ada.
Teten mengaku tidak bisa berbuat banyak karena tidak adanya larangan partai politik harus memesan alat peraga kampanye di dalam negeri. Namun, dia menyarankan agar partai-partai politik memesan alat kampanye di dalam negeri ketimbang di luar negeri hanya karena harga lebih murah.
“Komitmen saja seharusnya. Ya mungkin lebih murah di luar. Ini Pemilu bagi rakyat kecil, UMKM, itu berkah, karena banyak pesanan kaos, spanduk, bendera, itu hidupkan ekonomi rakyat,” tegasnya.