Mengintip Rahasia Kunci Ketahanan Sektor Asuransi pada Tahun 2023

by -10 Views
Mengintip Rahasia Kunci Ketahanan Sektor Asuransi pada Tahun 2023

Industri asuransi menghadapi berbagai tantangan pada tahun 2023, termasuk ketidakjelasan kondisi ekonomi global dan tingginya kesenjangan antara tingkat literasi dan inklusi keuangan.

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2022 menunjukkan bahwa kesenjangan antara tingkat literasi dan inklusi keuangan di sektor asuransi mencapai 30,46% untuk literasi dan 16,63% untuk inklusi.

Meskipun demikian, industri asuransi, khususnya asuransi jiwa, tetap tumbuh dan bertahan di tengah kondisi tersebut. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) melaporkan pendapatan industri asuransi jiwa mencapai Rp 107,32 triliun sampai semester I-2023, dengan pertumbuhan 1,8% secara tahunan.

Pertumbuhan ini didukung oleh kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki asuransi untuk perlindungan dan antisipasi terhadap penyakit mematikan, terutama setelah pengalaman pandemi Covid-19. Hal ini juga menunjukkan bahwa industri asuransi berperan dalam mendukung masyarakat dalam pengelolaan risiko dan mewujudkan perekonomian yang tangguh.

Sebagai apresiasi terhadap peran industri asuransi, CNBC Indonesia akan memberikan penghargaan dalam CNBC Indonesia Awards 2023 ‘The Best Insurance’ pada 21 November 2023. Sebelum penghargaan diberikan, akan dilakukan dialog eksklusif yang mengupas strategi, proyeksi, dan kiat-kiat dalam menghadapi tantangan ke depan.

Road to CNBC Indonesia Awards juga akan menjadi bagian dari rangkaian acara, dengan Awarding Night dilaksanakan pada bulan Desember 2023. Terdapat beberapa nominasi yang akan diumumkan pada hari penganugerahan, serta wawancara menarik setiap minggunya pada program Profit, Power Lunch, hingga Closing Bell dengan menghadirkan narasumber ternama.

Jangan lupa saksikan CNBC Indonesia Award di CNBC Indonesia Televisi dan live streaming di CNBCIndonesia.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *