Pertarungan Prabowo melawan Ganjar melawan Anies

by -63 Views
Pertarungan Prabowo melawan Ganjar melawan Anies

Lembaga dan Analisis Kebijakan Publik (Lanskap) merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon presiden-wakil presiden di Pulau Jawa. Dalam hasil surveinya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menduduki posisi teratas dengan perolehan angka 40 persen.

Berdasarkan survei Lanskap, pasangan Prabowo-Gibran unggul atas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. “Di posisi puncak bertengger teratas adalah pasangan Prabowo-Gibran dengan memperoleh 40,0 persen. Ganjar di posisi kedua dengan memperoleh 34,3 persen, sementara Anies-Muhaimin memperoleh 20,0 persen,” kata Direktur Eksekutif LANSKAP, Mochammad Thoha, Rabu (8/11/2023).

Thoha menjelaskan bahwa ada beberapa alasan mengenai tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran. Prabowo dinilai menjadi sosok yang mengajak generasi muda untuk berkolaborasi membangun negara. Penampilan Prabowo juga dinilai menjadi daya tarik elektoral. Prabowo-Gibran sendiri mendominasi di Jawa Barat (Jabar) dengan perolehan suara sebesar 50,7% dan Jawa Timur (Jatim) sebesar 40,4%.

Sementara Anies-Cak Imin unggul di Jakarta dengan dukungan sebesar 34,1%. Ganjar-Mahfud unggul di Jawa Tengah (Jateng) dengan 58,1%. Namun, pasangan Prabowo-Gibran juga berhasil memperoleh dukungan sebesar 30,1% di Jawa Tengah.

Thoha juga menyatakan bahwa pasangan Prabowo-Gibran paling berpotensi mendapatkan suara dari Gen Z, Gen Y (milenial), Gen X, dan Baby Boomers. “Seperti kita ketahui kelompok usia Gen Z dan Gen Y (milenial) mendominasi DPT Pemilu 2024,” katanya.

Artikel Selanjutnya
Ini 11 Survei Terbaru Capres 2024: Anies Vs Ganjar Vs Prabowo

(miq/miq)