Beberapa Negara Ini Memutuskan Hubungan dan Menarik Dubesnya dari Israel

by -153 Views

Serangan Israel ke wilayah Gaza, Palestina, mendapat kecaman dari berbagai pihak. Beberapa negara bahkan memutuskan untuk memutus hubungan diplomatik dengan Tel Aviv dan memanggil duta besar (dubes) Israel. Berikut adalah beberapa negara yang menarik duta besarnya dari Israel:

1. Bolivia
Bolivia dengan tegas memutuskan hubungan diplomatik pada Selasa pekan lalu. Alasannya adalah “kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan terhadap rakyat Palestina”. Keputusan ini diumumkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Freddy Mamani dan pejabat Menteri Kepresidenan Bolivia dan Menteri Luar Negeri sementar María Nela Prada. Pengumuman ini dilakukan setelah Presiden Bolivia Luis Arce bertemu dengan Duta Besar Palestina untuk Bolivia Mahmoud Elalwani. Perwakilan Bolivia untuk PBB, Diego Pary, juga menjelaskan bahwa negaranya mendukung hak-hak rakyat Palestina.

2. Cile
Cile memutuskan untuk memanggil duta besar mereka di Israel karena tindakan Israel ke Gaza dianggap sebagai pembantaian terhadap warga Palestina. Kementerian Luar Negeri Cile mengatakan bahwa pelanggaran Hukum Humaniter Internasional yang tidak dapat diterima dilakukan oleh Israel di Jalur Gaza.

3. Kolombia
Presiden Kolombia, Gustavo Petro, menyatakan hal serupa. Menurutnya, pembantaian rakyat Palestina membuat Bogota tidak nyaman untuk berada di Tel Aviv. Petro sudah beberapa kali mengkritik tanggapan Israel terhadap serangan Hamas dalam beberapa pekan terakhir. Kritik ini menyebabkan hubungan bilateral antara Kolombia dan Israel merosot.

4. Yordania
Yordania juga mengambil langkah yang sama dengan menarik duta besarnya di Israel serta menolak untuk menerima duta besar Israel di negaranya. Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi, menyatakan bahwa pengembalian duta besar tersebut tergantung pada Israel yang menghentikan perang di Gaza dan menghormati hak-hak dasar warga Palestina.

Israel merespon langkah-langkah diplomatik tersebut. Kementerian Luar Negeri Israel menyebut keputusan Bolivia untuk memutus hubungan diplomatik sebagai penyerahan diri terhadap terorisme dan rezim Khomeini di Iran. Israel juga menyerukan kepada Cile dan Kolombia untuk secara eksplisit mengutuk organisasi teroris Hamas serta mendukung negara demokratis yang melindungi warga negara mereka.

Referensi: CNBC Indonesia